androidvodic.com

Pupuk Kecintaan Tanah Air, Lomba Pianika Nasional Tingkat SD Diharapkan Lahirkan Musisi Berbakat - News

Laporan Wartawan News, M Alivio Mubarak Junior

News, JAKARTA - Lomba Pianika Nasional antar sekolah dasar (SD) 2023 sukses digelar.

Lomba ini diinisiasi oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dari Kemdikbudristek, PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) sukses digelar.

Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si selaku Kepala Puspresnas menyebut lomba ini merupakan salah satu langkah positif.

"Lomba yang positif ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi saja, namun juga sebagai sarana memupuk kecintaan terhadap Tanah Air dan kebudayaan nusantara," kata Maria Veronica kepada awak media dalam rilis, dikutip Rabu (7/2/2024).

"Melalui lagu - lagu daerah yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, lomba ini mengajak pelajar untuk lebih mengenal dan mencintai kekayaan budaya bangsa kita," lanjutnya.

Menurutnya dengan diselenggarakannya lomba ini diharapkan menciptakan ekosistem yang baik, sebagai ajang lomba dasar untuk tingkat selanjutnya.

Sehingga juga diharapkan lahir calon musisi berbakat setelah diselenggarakannya perlombaan tingkat nasional ini.

"Seni sebagai ekspresi budaya memiliki peran penting dalam membangun karakter dan membudayakan Masyarakat," ujar Maria Veronica.

"Lomba yang positif ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi saja, namun juga sebagai sarana memupuk kecintaan terhadap Tanah Air dan kebudayaan nusantara," lanjutnya.

Sementara itu Osamu Izawa selaku Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia Distributor tidak lupa juga mengucapkan selamat pada seluruh pemenang Lomba Pianika Nasional 2023.

"Selamat kepada pemenang Lomba Pianika Nasional 2023, saya sangat mengapresiasi partisipasi 1021 sekolah dan peserta didik dari seluruh Indonesia," ungkap Osamu Izawa.

"Semoga event ini bisa jadi sarana mengembangkan karakter dan para pelajar bisa mengenal lagu - lagu daerah sehingga lebih cinta Indonesia," pungkasnya.

Berikut pemenang Lomba Pianika Nasional 2023:

- Ansambel Pianika Kategori A (Kelas 1,2,3) dimenangkan oleh SDK Plus Penabur Cirebon Jawa Barat.

- Solo Pianika Kategori B ( Kelas 4,5,6) dimenangkan oleh Bunga Jasmine dari SDIT Bani Hasyim Excellent School Depok, Jawa Barat.

- Ansambel Pianika Kategori B (Kelas 4,5,6) dimenangkan oleh SDN Menteng 02 Jakarta Pusat.

- Solo Pianika Kategori A (Kelas 1,2,3) dimenangkan oleh Sabian Jafar Firdaus dari SDN RRI Cisalak Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat