androidvodic.com

Deswita Maharani Sebut Ferry Maryadi Sering Dilupakan Ibunya Sendiri, Imbas Demensia - News

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo

News - Deswita Maharani, istri Ferry Maryadi, berbagi cerita tentang mertuanya yang mengidap sakit demensia sejak lima tahun lalu.

Kondisi mertua hanya bisa terbaring di atas kasur saja dan tak bisa beraktivitas seperti manusia normal pada umumnya.

"Ada suster yang mendampingi selama 24 jam. Kondisi normal aja cuma memang gabisa aktivitas biasa cuma di kasur aja dibantu suster," kata Deswita Maharani ketika ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024) malam.

Deswita menyebut ibunda Ferry Maryadi pun masih sering mondar mandir ke rumah sakit untuk cek kesehatannya. Ia bersyukur kondisi mertuanya sehat.

"Secara fisik sehat banget. Setiap kita cek ke dokter organ tubuh bagus, jantung, ginjal, liver bagus semua. Cuma memang di memori kepala aja," ucapnya.

Kondisi memori ingatan ibunda Ferry Maryadi tidak stabil. Diakui Deswita kalau mertuanya kadang daya ingatnya bagus, tetapi kadang-kadang sudah lupa banyak hal termasuk anaknya.

Baca juga: Deswita Maharani Sudah 5 Tahun Tak Mudik Lebaran Sejak Ibunda Ferry Maryadi Alami Demensia

"Udah ngobrol lama gitu di kamar, terus aku keluar kamar dan gak lama masuk lagi, mama udah lupa dan ngomong, 'eh darimana aja'. Kita kayak ya baru ngobrol. Sama anaknya sendiri aja lupa," jelasnya.

Bahkan, Deswita kadang suka mengajak mertuanya bercanda, yang terkadang lupa ingatan dengan menanyakan siapa yang ada di sekeliling ibunda Ferry.

"Kalau akang penampilannya beda gak kayak biasa, ditanyain, 'kamu siapa?'. Kita suka ketawa sendiri. Suka becandain mama  juga tanyain, ini siapa, aku siapa, dan itu siapa. Kami bilang ini anaknya anaknya," terangnya.

"Karena mungkin cara berpikirnya gak ada distresin, karena kadang inget kadang engga," tambahnya.

Deswita Maharani menyebut mertuanya atau ibunda Ferry Maryadi sudah kesulitan untuk makan, bahkan sampai menggunakan sonde, serta gizi makanannya diatur oleh dokter karena tidak boleh ada zat natriumnya.

"Kemarin sempat masuk rumah sakit Karena kadar natrium kurang. Karena gak kayak kita bisa akses natrium dengan sendirinya. Cuma  apapun kondisi mama kita bersyukur lah, insya Allah lebaran tahun ini bisa tetap sama mama," ujar Deswita Maharani. (ARI).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat