androidvodic.com

Erick Thohir Harapkan Prestasi Kontingen Indonesia Lebih Meningkat di Banding SEA Games 2017 - News

News, JAKARTA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir meminta para pimpinan PB/PP menyiapkan atletnya yang akan diterjunkan pada SEA Games 2019 di Filipina dengan serius.

Kontingen Indonesia di Filipina nanti minimal bisa mempertahankan prestasi di SEA Games 2017 Malaysia atau lebih baik lagi bisa melampui prestasi di SEA Games 2017.

"Paling tidak samalah prestasi kotingen Indonesia di SEA Games Filipina dengan Malaysia lalu, atau jika perlu bisa meningkat," ungkap Erick Thohir saat buka puasa bersama pengurus cabang olahraga (PB/PP) di Hotel Mulia, Minggu (26/5/2019).

Pada SEA Games dua tahun lalu, Indonesia terpuruk di posisi kelima dengan torehan 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu. Prestasi ini merupakan capaian terburuk sepanjang keikutsertaan SEA Games.

Erick Thohir mengatakan, Indonesia juga tak perlu menargetkan juara pada SEA Games 2019 yang akan digelar pada November mendatang. Sebab, lanjut dia, keikutsertaan kontingen Merah Putih di ajang dua tahunan tersebut hanya modal perantara menuju event yang lebih besar, seperti Olimpiade. "Jangan sampai bilang SEA Games di Filipina, kita juara. Karena ini hanya target antara, bagaimana atlet-atlet kita lolos Olimpiade," terangnya.

Pihaknya juga memastikan, sudah saatnya olahraga Indonesia naik level usai sukses menggelar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Selain itu, standar para atlet juga naik kelas, seperti yang ditunjukkan PB PASI yang berhasil meloloskan sprinternya lolos Olimpiade 2020, yaitu Lalu M Zohri di kelas 100 meter putra.

"Atlet kita standarnya naik, atletik sudah lolos Olimpiade. Ini sejarah yang baru dicatatkan. Saya yakin banyak cabang olahraga punya prestasi sama ke tingkatan yang lebih tinggi," jelas Erick Thohir.

Anggota tim monitoring dan evaluasi KOI, Octav Matakupan menerangkan, pada tahun ini Indonesia akan mengikuti 51 dari 56 cabang olahraga yang akan diperlombakan pada SEA Games 2019.

Adapun medali yang ditargetkan adalah antara 51-53 emas.

"Hasil monitoring dan evaluasi SEA Games 2017 sebelumnya meleset karena kita tidak melihat progres negara lain. Kita hanya montoring atlet kita sendiri. Sekarang kita sudah belajar dan harusnya semua cabang olahraga yang ikut bisa penuhi target," papar Octav.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat