androidvodic.com

Jelang Turnamen Bergulir, BWF Terbitkan Aturan Baru, Mulai dari Tes Covid-19 hingga Salaman - News

News - Turnamen bulu tangkis tingkat internasional akan sedianya segera bergulir setelah ditangguhkan akibat pandemi corona.

Bergulirnya kembali turnamen berskala Internasional tentu akan diawasi ketat dalam hal penyelenggaraannya mengingat pandemi corona yang berlum berakhir.

Hal itu dilakukan oleh BWF selaku Federasi Bulu Tangkis Dunia yang mengeluarkan aturan baru untuk pembukaan turnamen internasional.

Badminton World Championship
Badminton World Championship (Grafis News/Ananda Bayu S)

Baca: BWF Batalkan Gelaran Piala Thomas dan Uber 2020 Jika. . . .

Baca: Pihak BWF Terpaksa Batalkan Empat Turnamen Sekaligus Bulan September

Aturan baru yang dikeluarkan oleh BWF sebagai jawaban dari beberapa negara yang sudah mulai menyelenggarakan turnamen lokal.

BWF mengemukakan aturan baru yang sudah dibuat menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia.

"BWF sedang bersiap untuk memulai kembali turnamen bulu tangkis internasional," tulis pernyataan BWF, dilansir BolaSport.com dari Sportsar.thehindu.com.

"Dengan beberapa pemerintah negara telah mengeluarkan izin untuk menyelenggarakan acara, menyarankan untuk membuat protokol baru untuk para pemain dan tim."

"Protokol dan prosedur baru akan diterapkan di kejuaraan utama BWF dan HSBC World Tour 2020," tambahnya.

Untuk mencipatakan lingkungan yang aman, BWF memulai prosedur dengan mewajibkan para pemain melakukan tes Covid-19.

Baca: Ambisi Rival Marcus/Kevin Tingkatkan Permainan Jelang Turnamen BWF di Bulan September

Baca: Selama Pandemi Covid-19, BWF Diminta Perhatikan Kesejahteraan Pebulu Tangkis

Tes Covid-19 ini merupakan tanggungan para pemain dan harus diserahkan setidaknya tiga hari sebelum pertandingan dimulai.

Selain itu, BWF telah menerapkan aturan di lapangan di mana para pemain tidak memiliki kewajiban untuk bersalaman.

"Alih-alih berjabat tangan, pemain bisa menyentuh raket lawan dan mengangguk atau bisa meletakkan tangan di dada untuk menyapa para ofisial pertandingan," kata BWF.

Untuk pergantian shuttlecock, panitia penyelenggara juga diwajibkan untuk menempatkan dispenser shuttlecock.

Baca: Tur Dunia Kembali Bergulir, BWF Segera Rilis Pedoman Penyelenggaraan Turnamen

Baca: Demi Malaysia Terbuka 2020, Pihak Penyelenggara Minta Bantuan Dana ke Pihak BWF

Sedangkan shuttlecock bekas pakai bisa diserahkan pemain kepada Service Judge dengan raket atau dijatuhkan ke dalam shuttle box.

"Dispenser shuttlecock akan disediakan di pinggir lapangan. Setiap pemain yang sudah diijinkan oleh wasit, bisa mengganti shuttlecock di dispenser. Kemudian shuttlecock bekas bisa dijatuhkan ke dalam shuttle box."

Selanjutnya, dari setiap turnamen yang diselenggarakan menurut BWF tidak akan mengikutsertakan babak kualifikasi, sebagai jalan membatasi jumlah peserta dan diharapkan kompetisi bisa berjalan dengan tepat.

"Tujuannya adalah menciptakan lingkungan yang paling aman bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam turnamen," ujar BWF.

"Termasuk para pemain, panitia penyelenggara, relawan, media, dan pejabat teknis," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Bolasport dengan judul "Turnamen Bulu Tangkis Bakal Bergulir Lagi, BWF Keluarkan Aturan Baru"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat