androidvodic.com

Tanpa Marc Marquez, Motor Honda RC213V Cuma Ampas yang Sulit Melesat? - News

News - Absennya Marc Marquez mampu menyulap performa Honda pada MotoGP 2020 dari yang sebelumnya selalu tampil garang kini tak ubahnya hanya sebagai bahan bulan-bulanan.

Honda menjalani musim yang berat nan panjang tanpa seorang Marc Marquez pada MotoGP 2020 ini, mereka tak bisa berbicara banyak setidaknya dalam delapan seri yang telah bergulir.

Baca: Daftar Pebalap MotoGP 2021: Adik Valentino Rossi Kandidat Satu di Antara 3 Kursi Tersisa

Bencana besar itu bermula saat Marc Marquez mengalami kecelakaan fatal yang membuat tulang lengannya patah pada balapan perdana musim ini di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Tubuh Marc Marquez terpelanting ke udara saat motornya mengalami kecelakaan high side di tikungan ke-4 Sirkuit Jerez, Spanyol pada lap ke-22, Minggu (19/7/2020).
Tubuh Marc Marquez terpelanting ke udara saat motornya mengalami kecelakaan high side di tikungan ke-4 Sirkuit Jerez, Spanyol pada lap ke-22, Minggu (19/7/2020). (Twitter MotoGP Official)

Alhasil, dengan cedera serius tersebut membuat Marc Marquez harus menepi dari lintasan balap dan tak bisa membela Repsol Honda untuk waktu cukup yang lama.

Baca: Valentino Rossi: Tanpa Marc Marquez, Honda Tetap Ampas Meski Punya Motor Paling Bagus

Di sisi lain, Alex Marquez selaku rekan setim belum juga mampu menunjukkan tajinya hanya untuk sekadar tampil kompetitif usai absennya rider berjuluk The Baby Alien tersebut.

Sejauh ini hasil terbaik yang diraih oleh Alex Marquez bersama Repsol Honda terjadi di Sirkuit Misano dalam seri MotoGP Emilia Romagna 2020 dengan finis di urutan ketujuh.

Baca: Daftar Susunan Pebalap dan Timnya di MotoGP 2021: Yamaha dan Ducati Geser Pebalap Utama

Jejak buram Honda pada musim ini kian terlihat saat tim arahan Alberto Puig itu berada di peringkat terbuncit alias di posisi ke-11 pada tabel klasemen sementara tim MotoGP 2020.

Repsol Honda yang kini juga diperkuat oleh Stefan Bradl sebagai pengganti Marc Marquez juga tidak bisa mengejar tim satelit mereka sendiri yakni LCR Honda yang berada di peringkat ketujuh.

Baca Juga: Pengamat MotoGP Ragukan Duet Marc Marquez-Pol Espargaro di Repsol Honda Musim Depan

Meski demikian, penampilan pabrikan asal Jepang itu baik melalui tim pabrikan atau satelit mereka usai ditinggal Marc Marquez absen masih jauh dari kata memuaskan.

Absennya Marc Marquez tidak hanya berdampak untuk prestasi mereka saja, rencana pengembangan motor RC213V yang sudah disusun sedemikian rupa juga dalam petaka.

Sebelumnya, Marc Marquez dan Honda akan mencoba beberapa perangkat baru pada akhir pekan balapan MotoGP Andalusia 2020 lalu, namun rencana itu urung terlaksana lantaran cedera.

Kehadiran pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut tentu sangat diharapkan mengingat dia adalah satu-satunya rider yang mampu melesat dengan RC213V yang kini semakin sulit dikendarai.

Dilansir BolaSport.com dari Motorsport-Total, manajer teknis Honda, Takeo Yokoyama menyebut tidak ada hal lain yang bisa dilakukan timnya selain berbenah agar RC213V bisa melesat lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat