androidvodic.com

Ketua Umum PB PASI Baru Harus Bisa Teruskan Cita-Cita Bob Hasan - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News JAKARTA – Setelah sepeninggalan Almarhum Mohammad Bob Hasan, jabatan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dipegang oleh Pelaksana Tugas (Plt) Zaki Makarim.

Pengangkatan Zaki Makarim hanya untuk menjalankan organisasi hingga akhir Desember 2020.

Kini PB PASI bersiap mengadakan pemilihan calon Ketua Umum baru periode 2021 – 2025 pada Musyawarah Nasional (Munas) PASI yang digelar pada 25 Januari mendatang.

Berbagi pihak mengatakan sangat sulit menggantikan sosok pengganti Bob Hasan yang terkenal sangat totalitas dalam mendukung kemajuan atlet atletik Indonesia.

Salah satunya akademisi, Anang Kusuma. Ia hanya berharap Ketua Umum PB PASI yang baru nanti haruslah bisa meneruskan cita-cita Bob Hasan dan membuat olahraga atletik ini semakin berprestasi dan diminati masyarakat.

“Pak Hasan itu legacy-nya jadi tantangan berat buat kita, paling tidak bisa menirukan cita-cita beliau. Saya ingat beliau menginginkan ada juara olimpiade, minimal satu atau dapat medali di Olimpiade,” kata Anang Kusuma dalam Webinar pencari figur Ketum PB PASI yang diadakan oleh Siwo PWI Jaya, Selasa (12/1/2021).

“Oleh sebab itu saya berharap untuk Ketua Umum baru meskipun sosok almarhum Pak Hasan sangat melekat dan jadi perbandingan Ketum berikutnya, saya melihat  bahwa yang harus dimiliki itu komitmen nasionalisme yang tinggi,” jelasnya.

Selain harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, Anang juga meminta agar Ketua Umum PB PASI yang baru bisa melihat potensi-potensi atlet secara menyeluruh dan bisa memaksimalkan adanya sport science.

“Pak Hasan sebelumnya mengandalkan atlet dari Indonesia timur, seperti Papua banyak atlet yang cetak rekor SEA Games, seperti lari jarak jauh, jarak menengah. Peluang itu bisa digali lebih lanjut,"

"Ada juga daerah yang memiliki bentuk olahraga tertentu yang mendukung atletik, misal NTT dan NTB saat ini yang banyak mengadakan perlombaan,” kata Anang.

“Kemudian paling tidak Ketum baru berikutnya bisa berkomitmen  untuk menjalin hubungan dengan bidang-bidang sport science center. Tidak hanya dari pelatih saja, tapi juga melibatkan dari yang lain,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya kini sudah mengantongi beberapa kandidat yang  muncul untuk menjadi bakal calon Ketum PB PASI.

Akan tetapi dirinya belum bisa mengungkapkan karena semua bakal calon yang sudah masuk bakal diseleksi dulu sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat