androidvodic.com

Medali SEA Games Aprilia Manganang Saat Jadi Pevoli Putri Tetap Sah Selama Tak Ada yang Menggugat - News

News - Keabsahan medali yang diterima Aprilia Manganang di SEA Games menjadi polemik seiring eks-pevoli putri nasional itu dinyatakan sebagai laki-laki pada Selasa (9/3/2021).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jendral Andika Perkasa dalam konferensi pers mengumumkan temuan Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki pada Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Cerita Unik Aprilia Manganang Saat Masih Perempuan, Cuma Mau Pakai Rok Bila Lee Min-ho Melamar

Andika Perkasa mengonfirmasi jika Aprilia Manganang menjalani pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021 di RSPAD Gatot Soebroto.

Pemeriksaan ini dilakukan usai beberapa pejabat TNI merasa ada yang janggal dengan kondisi fisik Aprilia.

Dilansir BolaSport.com dari Kompas.com dan Tribunnews, hasil pemeriksaan telah keluar dan Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki seutuhnya.

Baca juga: Cerita Perjuangan Masa Kecil Aprilia Manganang, Pernah Dapat Bayaran Mi Instan Seusai Tanding

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua," kata Andika Perkasa di Mabes AD dalam konferensi pers, Selasa (9/3/2021).

"Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ," imbuhnya.

Kini pertanyaan lain muncul soal status prestasi Aprilia Manganang saat menjadi pevoli putri nasional.

Baca juga: Cerita Pengalaman Menarik Aprilia Manganang Saat Harus Berdandan dan Pakai High Heels

Perlu diketahui Aprilia sebelumnya adalah pevoli putri dengan deretan prestasi di antaranya juara 4 kali Proliga, peraih medali perak di SEA Games 2017 dan perunggu di SEA Games 2013, 2015.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali menilai perlu dilakukan koordinasi dengan federasi olahrag internasional terkait status prestasi yang diraih Aprilia

Hal ini menurut Zainudin Amali bukan jadi kewenangan Kemenpora, tetapi Komite Olimpiade Nasional (NOC).

"Perubahan jenis kelamin Aprilia Manganang pertama kali diumumkan Kasad dari hasil pemeriksaan RSPAD," kata Zaiunudin Amali seperti dilansir BolaSportcom dari Kompas.com.

Baca Juga: Berharap Lawan Manny Pacquiao, Jawara Tinju Waspadai 2 Hal Ini

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, sedang memberikan sambutan dalam acara Perayaan Hari Perempuan Sedunia dalam latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Senayan, Jakarta, 8 Maret 2021.
MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, sedang memberikan sambutan dalam acara Perayaan Hari Perempuan Sedunia dalam latihan timnas putri Indonesia di Lapangan D, Senayan, Jakarta, 8 Maret 2021.

"Kami (Menpora), federasi, dan cabor juga baru tahun informasi ini dari pengumuman tersebut."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat