androidvodic.com

Marciano Norman Apresiasi Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Mau Dukung KONI Pusat - News

Laporan Reporter WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

News, JAKARTA - Berawal dari peristiwa serangan jantung yang menimpa beberapa atlet hingga pegiat olahraga lainnya saat olahraga, KONI Pusat melakukan seminar virtual, dengan menggandeng Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki), Kamis (1/7/2021).

Ketua umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman menjelaskan pihaknya melakukan seminar soal jantung guna menjawab kegelisahan tentang penyakit jantung.

Masyarakat olahraga yang identik dengan sehat, namun banyak yang terkena oleh serangan jantung, menjadi dasar KONI Pusat untuk melakukan seminar dengan menghadirkan langsung dokter ahli jantung.

"Kita baru saja diingatkan bagaimana pesepak bola Denmark, Christian Eriksen terkena serangan jantung. Tak lama, Olimpian kita, Markis Kido juga terkena serangan jantung dan tidak tertolong, pun dengan legenda sepak bola kita Ricky Yacob juga sama. Dalam membangun bangsa dan negara, perlu bersatu dan berkolaborasi untuk mengatasi hal ini," tutur Marciano.

Lanjutnya, dengan seminar yang dilakukan, atlet, masyarakat umum bisa terhindar dari korban serangan jantung karena minimnya pengetahuan tentang memberikan pertolongan pertama bagi yang terkena serangan jantung 

Marciano berharap, agar melalui seminar virtual yang dilakukan, dapat mencerahkan organisasi olahraga baik tingkat pusat maupun ke bawah agar selalu bisa menjaga kondisi terbaik atletnya.

Dengan pengetahuan yang diperoleh, Marciano juga berharap agar jika ada peristiwa serupa terjadi maka dapat menolong sang korban dengan cepat dan tepat.

Marciano pun mencontohkan pertolongan pertama rekan-rekan Chritian Eriksen, saat Eriksen colaps di lapangan bola beberapa waktu lalu, sehingga bisa ditangani dengan baik. 

Tak lupa, Marciano pun menyanjung Perki yang mau memberikan kontribusinya untuk olahraga Indonesia lewat melakukan seminar jantung sehat bagi atlet dan pegiat olahraga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat