androidvodic.com

SEA Games 2021 Ditunda, Menpora Amali Tegaskan Pelatnas Cabang-Cabang Olahraga Tetap Jalan - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali beserta jajarannya menggelar rapat koordinasi dengan National Olympic Committee (NOC) Indonesia terkait penundaan SEA Games 2021 Vietnam.

Seperti diketahui, pada Jumat lalu NOC Indonesia memberikan Surat resmi kepada Kemenpora soal penundaan SEA Games 2021.

Dalam Surat tersebut terdapat dua poin, salah satunya NOC berharap bahwa para atlet yang tengah melakukan Pelatnas jelang tampil di SEA Games agar tak dihentikan.

“Pertama setelah kita dengarkan pemaparan dari NOC, akhirnya kita menyimpulkan bahwa kita bisa maklumi alasan dari tuan rumah Vietnam tentang permohonan penundaan dan Indonesia menyampaikan kepada NOC bahwa kita bisa menerima usulan penundaan itu, tentu alasan yang disampaikan sama juga dengan alasan yang sudah menguak beberapa waktu lalu yakni tentang wabah pandemi covid-19 yang masih tinggi,” kata Menpora dalam konferensi pers secara daring, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Jika SEA Games 2021 Ditunda, Kemenpora Akan Setop Anggaran Pelatnas ke Cabang-cabang Olahraga

“Dengan alasan itu bisa pahami dan meminta kepada NOC Indonesia agar supaya begitu ada informasi tentang kepastian tanggal penundaan itu kapan maka segera diinformasikan kepada kami,” sambungnya.

“Kedua dalam surat NOC menyampaikan tentang permohonan bahwa para atlet dan pelatih dari beberapa cabor yang sedang melakukan Pelatnas itu tetap masih bisa diizinkan untuk lakukan itu,” jelas Menpora.

Soal adanya permohonan itu, Menpora Amali mengizinkan agar Pelatnas yang dilakukan cabor-cabor tetap dilakukan.

Menpora melihat para atlet ini tetap harus menjalani Pelatnas atau pembinaan karena ke depan juga bakal banyak event pertandingan.

Baca juga: Indonesia di Grup Berat, Vietnam Sebut Gabung Grup Enteng di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023

Meski demikian, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan NOC Indonesia dan induk cabor itu sendiri.

“Dalam penambahan kami memang benar, dalam perencanaan anggaran Kemenpora bahwa bantuan pemerintah itu dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga Nasional. Oleh karena itu,  memungkinkan latihan tetap ada apalagi di depan kita akan hadapi tahun depan ada Asia Games, dan cabor-cabor yang ikut di dalam SEA Games dan Asian Games tak terlalu banyak perbedaan, bahkan mayoritas itu ikut di Asian Games juga,” kata Menpora.

“Oleh karena itu latihan tetap dilakukan tapi tentu kita akan melihat dan bicarakan kepada dengan induk cabor yang juga akan kita komunikasikan dengan NOC Indonesia,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat