androidvodic.com

Axelsen vs Chen Long, Antara Balas Dendam dengan Rekor di Final Bulutangkis Olimpiade 2021 - News

News - Final tunggal putra bulutangkis Olimpiade 2021 akan menyajikan laga Viktor Axelsen (Denmark) vs Chen Long (China), Senin (2/8/2021) malam.

Ada dua sisi berbeda dalam pertandingan Viktor Axelsen vs Chen Long, baik dari sudut pandang pemain Denmark, maupun pemain China itu.

Yakni antara balas dendam dan rekor.

Sejak 2012, Viktor Axelsen telah bertemu dalam 19 pertemuan dengan Chen Long. Hasilnya, pemain China ranking 6 dunia itu mendominasi dengan koleksi 14 kemenangan.

Lima sisanya milik Axelsen.

Baca juga: Final Tunggal Putra Bulutangkis Olimpiade 2021, Buah Kesabaran Axelsen Medali Emas?

Keduanya juga saling bertemu di Olimpiade 2016 lalu babak semifinal. Axelsen harus mengakui keunggulan Chen Long dua set langsung, 21-14 dan 21-15.

Dengan hasil itu, Axelsen harus merelakan emas pada kesempatan pertamanya di Olimpiade. Dan pada kesempatan kali ini, Axelsen bisa menuntaskan dan membalas kekalahan atas Chen Long.

Jika berhasil menang atas Chen Long, tidak hanya balas dendam yang terbayarkan, namun juga memutus dominas pemain Asia yang memenangkan medali emas Olimpiade sejak 1996 diraih Poul-Erik Hoyer Larsen (Denmark).

Pebulu tangkis Denmark Viktor Axelsen melakukan selebrasi usai mengalahkan petenis Guatemala Kevin Cordon dalam pertandingan semifinal bulu tangkis tunggal putra pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 1 Agustus 2021.
Pebulu tangkis Denmark Viktor Axelsen melakukan selebrasi usai mengalahkan petenis Guatemala Kevin Cordon dalam pertandingan semifinal bulu tangkis tunggal putra pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 1 Agustus 2021. (Pedro PARDO / AFP)

Sementara Chen Long, langkah tersebut memuluskan lajunya untuk meraih medali emas, karena di final berhasil mengalahkan unggulan Malaysia, Lee Chong Wei.

Keberhasilan meraih emas pada edisi sebelumnya, dan kini kembali menginjakkan kaki di partai puncak membuat nama Chen Long di ambang sejarah.

Dia bisa menyamai torehan sang legenda Lin Dan dengan memenangkan medali emas dua edisi beruntun.

Baca juga: Jadwal Final Bulutangkis Olimpiade 2021, Viktor Axelsen vs Chen Long dan Asa Ginting Raih Perunggu

Pada edisi Olimpiade Beijing 2008, Lin Dan berhasil meraih medali emas pertamanya usai menghempaskan Lee Chong Wei di partai final dalam pertandingan straight games dengan skor 21-12, 21-18.

Selanjutnya di edisi Olimpiade London 2012, Lin Dan kembali berhasil mengalahkan Lee Chong Wei untuk kali kedua dan kali itu ia harus bermain hingga babak rubber game yang berakhir dengan skor 15–21, 21–10, 21–19 untuk meraih medali emas kedua Olimpiadenya secara berturut-turut.

Chen Lon sudah pernah meraih medali emas di Olimpiade, tepatnya 2016 di Brasil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat