androidvodic.com

Ada Pesan Hendry Saputra yang Tidak Pernah Dilupakan di Balik Kedermawanan Jonatan Christie - News

Ada Pesan Hendry Saputra yang Tidak Pernah Dilupakan di Balik Kedermawanan Jonatan Christie

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - "Menjadi berkat buat orang lain" adalah kalimat Hendry Saputra yang tidak akan pernah dilupakan oleh Pebulutangkis Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie

Jojo, begitu dia disapa, dikenal sebagai pribadi yang dermawan.

Pemenang medali emas SEA Games (2017) dan Asian Games (2018) ini kerap mendonasikan uang hadiah yang didapatnya dari kejuaraan-kejuaraan badminton bergengsi kepada mereka yang membutuhkan bantuan. 

Baca juga: Penyebab Parahnya Komunikasi Praveen Jordan/Melati Deava: Tidak Pernah Ada Penengah Saat Berseteru

(211018) -- AARHUS, 18 Oktober 2021 (Xinhua) -- Jonatan Christie dari Indonesia melakukan selebrasi usai pertandingan tunggal putra melawan Li Shifeng dari China dalam pertandingan final antara China dan Indonesia di turnamen bulu tangkis Piala Thomas di Aarhus, Denmark, 17 Oktober 2021. (Xinhua/Zhang Cheng)
(211018) -- AARHUS, 18 Oktober 2021 (Xinhua) -- Jonatan Christie dari Indonesia melakukan selebrasi usai pertandingan tunggal putra melawan Li Shifeng dari China dalam pertandingan final antara China dan Indonesia di turnamen bulu tangkis Piala Thomas di Aarhus, Denmark, 17 Oktober 2021. (Xinhua/Zhang Cheng) (Zhang Cheng / XINHUA / Xinhua via AFP)

Baca juga: Pihak PB Djarum Ungkap Fakta Terkait Kabar Pencoretan Praveen/Melati dari Pelatnas PBSI

Pada 2018 misalnya, Jojo mendonasikan 50 persen dari uang bonus yang didapatnya demi membantu ribuan korban tsunami di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Total uang yang disumbangkan Jonatan saat itu sebesar Rp900 juta. 

"Jujur saya engga tahu kenapa (mendonasikan uang hadiah) ke orang yang membutuhkan. Itu tergerak saja," ucap Jojo dikutip dari tayangan YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (26/1/2022). 

Bukan tanpa alasan Jojo memiliki kebiasaan mendonasikan sebagian uang hadiahnya kepada mereka yang membutuhkan pertolongan.

Baca juga: PB Djarum Ambil Langkah Tegas Agar Praveen Jordan dan Melati Deava Kembali Akur dan Profesional

Hendry Saputra
Hendry Saputra (kastara.id)

Baca juga: Buruknya Komunikasi Praveen Jordan dan Melati Deava, Pernah Berantem Perkara Sepele Seperti Ini

Sosok yang menanamkan kebiasaan baik itu pada Jonatan adalah pelatih tunggal putra PBSI yang baru saja mengundurkan diri, Hendry Saputra

Banyak pelajaran yang diberikan Hendry selama melatih Jojo di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta Timur. Bukan saja soal bermain badminton, juga tentang kehidupan. 

"Coach Hendry itu benar-benar membantu sangat banyak, bukan cuma dalam dunia bulutangkis saja, tapi di luar bulutangkis dia banyak andil dalam kerohanian saya juga," tutur Jojo.

"Bagaimana cara berpikir untuk menyikapi keadaan yang kita hadapi saat ini, segala macam. Jadi memang beliau salah satu orang yang paling pengaruh dalam hidup saya," sambung dia. 

Satu kalimat yang terus ditekankan Hendry selama melatih Jojo adalah "pentingnya menjadi berkat bagi orang lain." 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat