androidvodic.com

Junas Miradiarsyah: Kita Semakin Siap Gelar FIBA Asia Cup 2022 - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022, Junas Miradiarsyah membeberkan persiapan Indonesia dalam menghelat kejuaraan FIBA Asia Cup di Istora Senayan, Jakarta pada 12 – 24 Juli 2022.

Menurut Junas untuk segi penyelenggaraan pihaknya kini terus mematangkan baik dari sisi operasional, venue hingga sistem yang akan diterapkan nanti.

Khusus Venue, Junas tak khawatir lantaran Istora Senayan kerap menggelar kejuaraan internasional salah satunya Asian Games 2018.

“Kalau bicara aspek penyelenggaraan bisa kita bagi aspek operasionalnya, Venuenya. Kalau sekarang covid compliance. Kalau dari sisi venue, karena kita menggunakan Istora harusnya tak ada masalah, karena Venuenya sudah jadi dan kita sudah pernah melakukan pertandingan di Asian Games 2018. Ya kami mengikuti pola yang sama,” kata Junas kepada Tribunnews di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

“Kemudian operasional lainnya itu yang terus kami siapkan karena ini kan acara besar. Maka berkoordinasi dengan Kementerian, teknis, simulasinya kapan. Pekan lalu ada rapat lintas Kementerian dipimpin Menpora, jadi itu menandakan kita semakin siap,” jelasnya.

Lebih lanjut hal yang harus disiapkan yakni mengenai aturan protokol kesehatan mengingat ajang nanti masih diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun covid-19 sudah melandai, ia tak ingin ada kasus penyebaran sehingga prokes tetap diterapkan kepada 16 negara yang akan ikut serta.

“Kalau covid compliance, kami ada rencana bubble, pre tes covid dan tes covid saat penyelenggaraan secara berkala, kalau lihat hari ini covid terus melandai. Mudah-mudahan terus melandai, semakin baik, tapi tak boleh lengah, tapi artinya kita buat standar itu dalam kondisi yang paling buruk,” ujarnya.

Seperti diketahui, ajang FIBA Asia Cup 2022 juga sekaligus menjadi ajang kualifikasi menuju FIBA World Cup 2023.

Indonesia yang menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 tetap harus berjuang untuk bisa lolos.

Untuk itu Arki Dinakia Wisnu dkk. setidaknya harus lolos ke babak delapan besar guna memastikan tampil di FIBA World Cup 2023.

Di ajang FIBA Asia Cup 2022, Indonesia tergabung di grup A bersama dengan Arab Saudi, Jordania dan Australia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat