androidvodic.com

Profil Odekta Naibaho, Atlet Binaan BIN yang Juara Jakarta Marathon 2022 - News

Profil Odekta Naibaho, Atlet Binaan BIN yang Juara Jakarta Marathon 2022

News - Peraih medali emas pada ajang SEA Games Vietnam 2022 cabang olahraga lari maraton, Odekta Elvina Naibaho ikut serta dalam gelaran Jakarta Marathon 2022, Minggu (16/10/2022).

Dalam perlombaan tersebut, Odekta yang merupakan anggota D2 Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil menyabet juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer).

Memulai start pada pukul 06.00 WIB di depan area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Odekta menjadi yang tercepat untuk menyentuh garis finish pada waktu 07.17 WIB.

Baca juga: Meriahkan Jakarta Marathon 2022, Odekta Naibaho Jadi Juara Kategori Half Marathon

Pelari asal Kabupaten Dairi tersebut pun berhasil menambah daftar panjang kemenangannya pada olahraga maraton.

Odekta mengaku sangat menikmati maraton yang digelar oleh Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta tersebut.

Odekta mempersembahkan kemenangannya untuk BIN, sebagai lembaga yang telah membinanya untuk bisa berprestasi.

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu kepada Kepala BIN, Profesor Doktor Budi Gunawan yang telah membina kita. Kami persembahkan medali ini untuk bapak. Lalu untuk Deputi ll BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang telah memberikan dukungannya yang luar biasa untuk kami. Itu menjadi energi yang sangat positif untuk saya," ujar Odekta seusai mengikuti lomba, dikutip, Senin (17/10/2022).

Odekta juga mengapresiasi diadakannya kembali Jakarta Marathon setelah dua tahun lamanya vakum imbas merebaknya Pandemi Covid-19.

Menurutnya, Jakarta Marathon sangat cocok dijadikan wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan minat dan ketertarikannya pada olahraga maraton.

Odekta Vina Naibaho menjadi juara MILO Jakarta International 10K 2017 di kategori 10K Indonesian Only Putri di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Minggu (23/7/2017). Ajang lomba lari tersebut diikuti 15.000 peserta itu terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya 5K, 10K dan 'Family Run' 1,7K. TRIBUNNEWS/HO
Odekta Vina Naibaho menjadi juara MILO Jakarta International 10K 2017 di kategori 10K Indonesian Only Putri di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Minggu (23/7/2017). Ajang lomba lari tersebut diikuti 15.000 peserta itu terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya 5K, 10K dan 'Family Run' 1,7K. TRIBUNNEWS/HO (TRIBUN/HO)

Dia juga mengaku tidak pernah melewatkan setiap Jakarta Marathon diadakan.

Keikutsertaannya pada Jakarta Marathon ke-9 ini, dijadikannya modal latihan untuk sejumlah agenda pentas olahraga yang akan diikutinya. Salah satunya yakni Sea Games di Kamboja pada 2023 mendatang.

"Untuk jangka pendek saya akan berlomba dan mempersiapkan diri di Sea Games tahun depan di Kamboja, di bulan Mei. Lalu jangka panjangnya saya menargetkan diri masuk di tim Asian Games. Mudah-mudahan target itu bisa tercapai. Ini menjadi try out saya," ungkapnya.

Meski begitu, Odekta tetap memberikan beberapa masukan pada event yang diikuti belasan ribu peserta ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat