androidvodic.com

Penyebab Mandalika Tak Masuk Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2023, Dorna Sempat Beri Tawaran - News

News - Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria memberikan jawaban penyebab Sirkuit Mandalika tak masuk jadwal tes pramusim MotoGP 2023.

Menurut pria yang akrab disapa Andi, pihak MGPA memilih untuk meniadakan tes pramusim MotoGP 2023 di Mandalika karena pertimbangan bisnis.

Keputusan tersebut diambil setelah manajemen MGP dan Indonesia Toursim Development Corporation (ITDC) melakukan koordinasi.

Baca juga: MotoGP 2023 - Ketikung Enea Bastianini ke Ducati, Jorge Martin PDKT dengan Yamaha

"Di tahun 2023 kita tidak akan melangsungkan pramusim seperti di 2022, karena biaya lumayan besar. Karena kita tidak jualan tiket, sayang aja biayanya sebesar itu. Kami bersama ITDC memilih untuk tidak menggelar," terang Priandhi Satria, dikutip dari Kompas.com.

Andi menyebut, Dorna Sports selaku pihak penyelenggara event balap MotoGP 2023 sejatinya sudah memberikan penawaran.

Namun penawaran tersebut dikembalikan, sehingga Sirkuit Mandalika tak masuk dalam jadwal tes pramusim MotoGP 2023.

Ditambahkan oleh Andi, keputusan penyelenggaraan tes pramusim merupakan hak dari otoritas sirkuit.

Sejumlah pembalap memacu kendaraannya pada seri kedua Moto2 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika), di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022). Seri kedua Moto2 2022 dimenangkan oleh pembalap dari tim Idemitsu Honda Team Asia, Somkiat Chantra. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah pembalap memacu kendaraannya pada seri kedua Moto2 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika), di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (20/3/2022). Seri kedua Moto2 2022 dimenangkan oleh pembalap dari tim Idemitsu Honda Team Asia, Somkiat Chantra. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Di tahun 2023 kita tidak akan melangsungkan pramusim seperti di 2022, karena biaya lumayan besar. Karena kita tidak jualan tiket, sayang aja biayanya sebesar itu. Kami bersama ITDC memilih untuk tidak menggelar,"

Dorna sendiri telah merilis jadwal tes pramusim MotoGP 2022, di mana Fabio Quartararo dkk akan melakukan uji coba di Malaysia dan Portugal.

Mandalika diketahui sudah melakukan pernah menyelenggaraan tes pramusim MotoGP edisi 2022.

Andi menambahkan, musim lalu dirasa perlu untuk menggelar tes pramusim lantaran kebutuhan untuk menguji sirkuit baru.

Terlebih, para pembalap membutuhkan adaptasi dan pengenalan terhadap lintasan.

"Memang di tahun 2022 kemarin, MGPA melakukan tes pramusim, itu karena kali pertamanya Sirkuit Mandalika mengadakan MotoGP. Jadi kita pikir jika ada tes pramusim untuk melihat berbagai kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki, jadi kita lakukan tes pramusim," kata Andi.

MGPA memandang penyelenggaraan MotoGP 2022 dan WSBK 2022 bisa menjadi kaca benggala bahwa Sirkuit Mandalika memiliki kualitas bagus dan layak untuk menggelar race.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat