androidvodic.com

Arab Saudi Siapkan Dana Rp 300 Triliun Buat Akuisisi Balapan Formula 1 - News

News - Niat pemerintah Arab Saudi berekspansi dalam industri olahraga dunia, terhitung serius.

Satu di antaranya adalah rencana mereka mengakuisisi balapan mobil Formula 1.

Pada tahun lalu, niatan itu tampak saat sovereign wealth fund (SWF), lembagaa pendanaan investasi milik pemerintah Arab Saudi yang mempertimbangkan untuk membeli balap motor Formula 1.

Tahun ini, niatan itu menguat.

Mengutip Bloomberg, SWF Saudi yang dipimpin langsung oleh sang putra mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman, berencana menjadikan F1 sebagai salah satu investasi negara di sektor olahraga internasional.

Baca juga: Verstappen-Sergio Perez Podium Ganda di F1 Abu Dhabi, Red Bull Racing Ukir Sejarah Baru di Formula 1

Melansir Middle East Eye, Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi menyiapkan dana untuk mengakuisisi F1 sebesar US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 300 triliun (kurs Rp 15.000). 

Namun, Bloomberg melaporkan, Liberty Media Corp, yang memiliki F1 bersama dengan SiriusXM dan tim Bisbol Liga Utama Atlanta Braves, tidak tertarik untuk menjual.

Tawaran PIF terhadap F1 tersebut secara substansial berada di atas harga yang dibayarkan Liberty Media Corp untuk waralaba tersebut pada tahun 2017 sebesar US$ 4,4 miliar.

Hal ini menggarisbawahi bagaimana platform balap internasional mendapatkan popularitas. 

Pelacakan saham Liberty Media F1 telah berlipat ganda nilainya selama empat tahun terakhir, dengan kapitalisasi pasar sekitar US$ 15 miliar.

Arab Saudi debut menjadi tuan rumah balapan Formula 1 pada Desember 2021, dan grand prix kedua pada Maret 2022 di kota pelabuhan Jeddah.

Pada saat itu, beberapa pengemudi menyuarakan keprihatinan tentang berpartisipasi dalam acara di dalam kerajaan karena catatan hak asasi manusianya.

Pada Desember 2021, juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton mengindikasikan dia tidak nyaman melakukan pertandingan balap di negara tersebut.

Lewis Hamilton (Mercedes) saat turun pada salah satu sesi F1 GP Austria 2019 yang digelar di Red Bull Ring, Spielberg, pada Jumat (28/6/2019)
Lewis Hamilton (Mercedes) saat turun pada salah satu sesi F1 GP Austria 2019 yang digelar di Red Bull Ring, Spielberg, pada Jumat (28/6/2019) (TWITTER.COM/MERCEDESAMGF1)

"Apakah saya merasa nyaman di sini? Saya tidak akan mengatakan bahwa saya merasa nyaman," kata Hamilton saat itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat