androidvodic.com

Bos Yamaha WSBK Bicara Soal Kabar Valentino Rossi Ikut World Superbike - News

Bos Yamaha WSBK Bicara Soal Kabar Valentino Rossi Ikut World Superbike

News - Pebalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi dirumorkan akan kembali mengaspal di kejuaraan balap Superbike setelah pensiun dari MotoGP pada 2021 silam.

Kabar itu dipicu oleh kunjungan Valentino Rossi ke tim Yamaha WSBK di Misano, Italia.

Kabar itu membuat pihak Yamaha bersuara.

Baca juga: Miller dan Vinales Berburu Rekor Three-peat di MotoGP 2023, Valentino Rossi Mah Lewat!

Baca juga: Marc Marquez Belum Temukan Motor yang Cocok Usai Tes Sepang MotoGP 2023

Kepala Eksekutif Tim Yamaha WSBK, Paul Denning, menilai Valentino Rossi memang masih layak dan kompetitif.

Terlepas dari itu, Denning menyiratkan belum ada wacana Rossi akan beralih ke ajang superbike.

"Sejujurnya, saya tidak tahu apakah saya sedang memikirkan ide itu (Rossi bergabung ke tim Yamaha WSBK) atau tidak," ujar Denning yang dilansir Antara, dikutip dari laman Motorsport, Senin (13/2/2023).

Denning mengaku belum mendengar rumor tersebut secara resmi. Tetapi dia menilai sosok berjulukan The Doctor itu merupakan pebalap kompetitif di ajang balap mana pun, utamanya di MotoGP.

"Saya belum mendengar apapun tentang ini, tapi (Rossi) cukup kompetitif di MotoGP sampai akhir. Dalam balapan terakhirnya, dia finis di 10 besar," ujar Denning.

"Dia adalah pebalap terbaik kedua saat itu. Fabio (Quartararo) hanya tiga atau empat per sepuluh detik lebih cepat per lap, jadi Valentino sangat kuat sampai akhir," imbuhnya.

Juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi (C-R) bersiap untuk masuk ke Audi R8 Lms miliknya untuk bersaing di Fanatec GT World Challenge Europe 2022 pada 03 April 2022 di trek balap Imola, Italia. - Rossi telah menandatangani kontrak dengan tim Belgia Wrt dan akan membalap dengan Audi R8 Lms, dengan nomor 46 di kejuaraan Fanatec Challenge Eropa. (Photo by Andrea SCIARRA / AFP)
Juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi (C-R) bersiap untuk masuk ke Audi R8 Lms miliknya untuk bersaing di Fanatec GT World Challenge Europe 2022 pada 03 April 2022 di trek balap Imola, Italia. - Rossi telah menandatangani kontrak dengan tim Belgia Wrt dan akan membalap dengan Audi R8 Lms, dengan nomor 46 di kejuaraan Fanatec Challenge Eropa. (Photo by Andrea SCIARRA / AFP) (AFP/ANDREA SCIARRA)

Sejak pensiun, Rossi tak terlalu aktif di ajang balap motor.

Nah, kunjungannya ke tim Yamaha WSBK baru-baru ini memunculkan spekulasi pria 43 tahun itu akan kembali ke ajang balap motor.

Rossi pun baru-baru ini terlihat bersama Yamaha di sirkuit Portimao. Di sana ada beberapa murid akademinya, termasuk juara dunia MotoGP, Francessco "Pecco" Bagnaia. 

Memang, keputusan mantan pebalap MotoGP pindah ke WSBK bukan hal baru.

Beberapa nama seperti Nicky Hayden, Max Biaggi, Scott Redding, hingga Alvaro Bautista juga kembali bersaing di lintasan balap yang kejuaraannya tersebut yang dinilai lebih ringan dari MotoGP.

Rossi, yang sepanjang kariernya meraih sembilan gelar juara dunia balap motor, tak cuma membalap di lintasan roda dua.

Dia pun pernah mengikuti beberapa ajang balap mobil seperti Gulf 12 Hours pada 2019 dan 2020 serta balap 24H Series Dubai dan meraih podium ketiga. (Aloysius Gonsaga AE/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Valentino Rossi Ikut WSBK? Begini Tanggapan Yamaha"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat