androidvodic.com

Repsol Honda Ajukan Banding Kepada FIM soal Sanksi Marc Marquez di MotoGP Argentina 2023 - News

News - Repsol Honda mengajukan banding kepada FIM atas sanksi yang diberikan kepada Marc Marquez.

Ganjaran double long lap penalty yang diberikan Marc Marquez seharusnya akan dilakoni di balapan seri kedua, MotoGP Argentina 2023.

Hanya saja The Baby Alien - julukan Marc Marquez, terpaksa absen di Sirkuit Termas Rio de Hondo gegara masih dibekap cedera pasca kecelakaan.

Namun FIM telah mengklarifikasi penerapan sanksi untuk Marquez yaitu akan dilakukan saat sang rider kembali.

Baca juga: Aleix Espargaro Ungkap Kondisi Pol Espargaro yang Berpeluang Absen Lama di MotoGP 2023

Pembalap Honda Spanyol Marc Marquez (kanan) bereaksi setelah menabrak pembalap Aprilia Portugis Miguel Oliveira (keluar bingkai) selama balapan MotoGP Grand Prix Portugis di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, pada 26 Maret 2023. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Pembalap Honda Spanyol Marc Marquez (kanan) bereaksi setelah menabrak pembalap Aprilia Portugis Miguel Oliveira (keluar bingkai) selama balapan MotoGP Grand Prix Portugis di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, pada 26 Maret 2023. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Akan tetapi modifikasi dari FIM mendapat protes dari Repsol Honda karena dirasa tidak sesuai dengan kesepakatan awal dan aturan MotoGP saat ini.

"Sehubungan dengan sanksi yang dijatuhkan FIM kepada Marc Marquez atas insiden balapan yang terjadi di Grand Prix Portugal, Tim Repsol Honda menganggap modifikasi penalti tersebut berupa perubahan kriteria kapan seharusnya penalti diterapkan. dan bahwa modifikasi ini dikeluarkan oleh FIM dua hari setelah sanksi awal bersifat final dan definitif, tidak sesuai dengan peraturan FIM untuk Kejuaraan Dunia MotoGP saat ini," sebagaimana ditulis di laman Repsol Honda.

"Untuk alasan ini, Tim Repsol Honda bermaksud untuk menggunakan semua cara yang ditawarkan oleh peraturan yang berlaku untuk membela hak dan kepentingannya yang sah, yang dianggap telah dilanggar sebagai hasil dari resolusi terbaru yang diadopsi, dan khususnya telah diserahkan sebagaimana mestinya. Banding di hadapan FIM Appeal Steward."

Oleh karena itu, Repsol Honda berharap FIM kembali mengkaji sanksinya dan tim sayap tunggal mengepak berjuang untuk mempertahankan hak Marquez.

Sementara itu hingga saat ini belum diketahui pasti Marc Marquez akan kembali turun ke lintasan kapan.

Sebab update kondisi terakhir Marc Marquez masih akan mendapat perawatan setelah melakukan operasi.

Terlepas dari kisruh soal sanksi Marquez, ada beberapa rider yang juga memutuskan untuk absen balapan di seri kedua.

Mulai ndari Marc Marquez, Miguel Oliveira, Enea Bastianini, dan Pol Espargaro.

Keempat pembalap itu terpaksa absen gegara masih dibekap cedera pasca kecelakaan di Sirkuit Portimao, Portugal.

Akan tetapi rider lain seperti Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, hingga Alex Marquez akan melanjutkan kiprahnya di Negeri Tango.

Agenda balapan yang bertajuk MotoGP Argentina 2023 akan dimulai besok hari Jumat (31/3/2023) hingga Minggu (2/4/2023).

(News/Niken)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat