androidvodic.com

Sepatu Legendaris Michael Jordan di Final NBA 1998 Laku Terjual Rp 32,6 Miliar - News

Sepatu Legendaris Michael Jordan di Final NBA 1998 Laku Terjual Rp 32,6 Miliar

News - Sepasang sepatu Air Jordan yang digunakan legenda bola basket NBA, Michael Jordan laku terjual seharga 2,2 juta dollar AS atau setara Rp 32,6 miliar.

Sepatu legendaris itu digunakan Michael Jordan pada Game 2 Final NBA 1998 antara Chicago Bulls melawan Utah Jazz.

Harga tersebut mencatatkan rekor tertinggi di perusahaan lelang Sotheby's untuk kategori sepatu olahraga yang digunakan saat pertandingan. 

Baca juga: Michael Jordan Lelang Celana Dalam Bekasnya, Harga Mulai dari Rp 7,1 Juta

"Hasil pemecahan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua catatan," kata kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby's, Brahm Wachter, dikutip dari Antara

Penjualan sepatu yang dilakukan secara online itu memperkuat posisi Jordan sebagai atlet dengan nilai tertinggi di lelang memorabilia pakaian olahraga. 

Harga 2,2 juta dollar AS untuk sepatu Jordan memecahkan rekornya sendiri, yaitu sebesar 1,5 juta dollar AS untuk sepatu sang pebasket pada September 2021. 

Selain itu, salah satu kostum tanding Michael Jordan terjual seharga 10,1 juta dollar AS tahun lalu dan menjadi barang lelang paling mahal untuk koleksi pakaian yang dikenakan dalam pertandingan.

Penjualan jersey tersebut juga mengalahkan rekor yang dipegang oleh kostum Argentina milik Diego Maradona.

Bintang Legendaris NBA yang dianggap sebagai The Greatest of All Time (GOAT) Michael Jordan dari Chicago Bulls dijaga pemain Indiana Pacers, Reggie Miller.
Bintang Legendaris NBA yang dianggap sebagai The Greatest of All Time (GOAT) Michael Jordan dari Chicago Bulls dijaga pemain Indiana Pacers, Reggie Miller. (HO/dok NBA.com)

Michael Jordan menggunakan "Bred" Air Jordan 13 selama Game 2 Final NBA 1998 menuju gelar NBA keenam dan terakhirnya.

Ia mengenakan sepatu itu untuk paruh kedua kemenangan 93-88 Chicago Bulls atas Utah Jazz pada 5 Juni 1998. 

Harga lelang sepatu Jordan yang termasuk biaya dan komisi itu berada di atas perkiraan pra-penjualan Sotheby's sebesar 2 juta dollar AS, tetapi jauh di bawah perkiraan tertinggi senilai 4 juta dollar AS. 

Michael Jordan yang saat ini berusia 60 tahun menghabiskan sebagian besar kariernya di Chicago Bulls di mana dia memenangi keenam gelar NBA

Dia sempat bermain dengan Washington Wizards selama dua musim sejak 2001 sebelum akhirnya pensiun. 

Michael Jordan kini memiliki klub basket Charlotte Hornets yang berbasis di rumah masa kecilnya di Carolina Utara dan dilaporkan masih menghasilkan jutaan dollar AS dari royalti penjualan sepatu Nike Air Jordan setiap tahun. 

Adapun pelelangan sepatu Michael Jordan bertepatan dengan rilis film Air bulan ini yang menceritakan negosiasi alot di balik kerja sama Nike dan Jordan melahirkan merek sepatu Air Jordan. (Farahdilla Puspa/Kompascom)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sepatu Michael Jordan di Final NBA 1998 Terjual Rp 32 Miliar"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat