androidvodic.com

Cerita Farhan Halim soal Teknik Servis hingga Rambut Gaya Mullet - News

News - Sosok Farhan Halim menjadi satu aktor di balik keberhasilan Timnas voli putra Indonesia dalam meraih medali emas di SEA Games 2023.

Pemain yang terkenal dengan teknik hybrid servis dan rambut mullet ini menjadi buah bibir berkat aksinya selama perhelatan SEA Games 2023, terutama pada laga final.

Farhan Halim bisa dibilang menjadi pemain yang cukup konsisten. Laga final saat melawan Kamboja termasuk penampilan terbaiknya, terutama pada set kedua.

Pemain yang membela Jakarta STIN BIN pada Proliga 2023 ini membawa Indonesia unggul cukup jauh dengan 0-9 di set kedua berkat servis ciamiknya.

Farhan memang cukup spesial dalam hal servis. Pada gelaran Proliga 2023 lalu ia bahkan sempat mendapat penghargaan pemain dengan servis terbaik.

Banyak yang menilai servis dari Farhan Halim ini memiliki kesamaan dengan pevoli asal Rusia Dmitry Volkov yang terkenal dengan teknik servis hybridnya.

Baca juga: Farhan Halim Langsung Gabung Jakarta Bhayangkara Presisi Ke Kejuaraan Klub Asia

Lantas bagaimanakah cerita Farhan Halim terkait teknik servisnya ini?

Saat wawancara di Moji TV, Farhan mengatakan teknik servisnya itu diajarkan oleh pelatih Agus Irawan saat menangani tim Porprov Jawa Barat.

Saat itu servis yang ia lakukan hanya biasa saja seperti halnya para pemain lainnya. Farhan pun lantas disarankan agar merubahnya dengan teknik tertentu.

"Awalnya sih di 2017 atau 2018, awalnya disuruh pelatih saat latihan jelang PorProv, saat itu pelatinya Agus Irawan. Awalnya jump serve nya biasa saja kayak yang lain, terus dikasih masukan, 'Han cobain lemparya dipendekin'. Akhirnya dicoba ternyata enak juga, ya sudah gini aja," kata Farhan dalam podcast Si Jago Voli di kanal YouTube Moji.Social.

Servis yang dilakukan Farhan ini biasa disebut dengan teknik hybrid. Bola yang dilemparkan tidak begitu tinggi, sehingga tingkat akurasi pukulannya juga lebih terarah.

Servis tersebut kerap kali berbuah pada poin atau service ace. Teknik ini juga yang biasa dilakukan oleh Dmitry Volkov, pevoli asal Rusia.

Meski begitu Farhan mengaku saat pertama kali menggunakan servis gaya itu, ia belum mengetahui terkait sosok Dmitry Volkov.

"Engga sih (soal meniru Dymiry Volkov)," ujarnya.

Baca juga: Voli SEA Games 2023 - Predikat Monster Servis Tak Bikin Farhan Halim Jemawa & Terlena

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat