androidvodic.com

LPS Monas Half Marathon 2023 Sebentar Lagi, Yuk Ketahui 5 Alasan Half Marathon Lebih Diminati - News

News, JAKARTA - Olahraga lari memang semakin diminati masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Khususnya lari jarak jauh, dengan marathon dan half marathon menjadi opsi utama bagi para pelari. 

Marathon sendiri mungkin menjadi pilihan yang lebih menantang dan bergengsi, namun half marathon juga punya daya tariknya sendiri. 

Ajang lari half marathon yang paling dekat akan diselenggarakan adalah LPS Monas Half Marathon yang akan berlangsung pada 2 Juli 2023. 

Tidak hanya bergengsi, rute LPS Monas Half Marathon nantinya dinilai menantang bagi para pelari. Lintasan yang akan dilalui akan penuh dengan ikon Jakarta dengan jarak 21 kilometer dan batas waktu 3 jam 30 menit. 

Lomba lari yang digelar oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) bersama Harian Kompas ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pelari. 

Lantas, kenapa half marathon lebih diminati para pelari? Melansir berbagai sumber, berikut 5 alasan half marathon lebih diminati ketimbang marathon. 

1) Jarak tempuh lebih pendek

Salah satu perbedaan mencolok antara marathon dan half marathon adalah jaraknya. Marathon punya jarak total 42,195 kilometer, sementara half marathon hanya setengahnya, sekitar 21,0975 kilometer. 

Untuk mayoritas pelari, half marathon menawarkan tantangan yang cukup tapi lebih dapat dicapai dibandingkan dengan marathon penuh. Ini memungkinkan mereka untuk menguji kekuatan dan daya tahan mereka tanpa tekanan fisik dan mental berlebihan. 

2) Waktu persiapan tidak panjang

Karena digandrungi masyarakat awam yang juga punya kesibukan sehari-hari, marathon penuh tentu lebih berat karena membutuhkan komitmen latihan yang besar. Pelari harus menjalani latihan intensif selama berbulan-bulan untuk mempersiapkan tubuh mereka. 

Inilah yang jadi alasan kenapa half marathon lebih disukai karena waktu persiapannya tidak panjang. Meski persiapan serius harus tetap dilakukan, waktu yang lebih fleksibel dan energi yang tidak sebanyak marathon penuh, membuat half marathon lebih cocok untuk kamu yang punya jadwal padat. 

3) Tekanan tidak terlalu besar

Bagi sebagian orang, terutama yang baru menggemari olahraga lari, ajang marathon penuh tentu terdengar menakutkan dan terlalu berat. Sehingga, half marathon menjadi alternatif yang menarik untuk mereka yang ingin mencoba lari jarak jauh tanpa tekanan yang terlalu besar. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat