androidvodic.com

Setia Menunggu Valentino Rossi, Yamaha Resmi Tanpa Tim Satelit di MotoGP 2024 - News

News - Pabrikan Yamaha memilih tak memiliki tim satelit menghadapi MotoGP 2024 sembari menunggu kesediaan tim balap Valentino Rossi, Mooney VR46 bergabung.

Pabrikan berlambang garpu tala asal Jepang ini masih berharap bisa menggandeng tim balap Valentino Rossi sebagai mitra usai kontraknya habis bersama Ducati pada 2024.

Sebagaimana yang diketahui, sejak era MotoGP 4 tak dimulai pada tahun 2002, Yamaha selalu mempunyai tim satelit sebagai mitra pengembangan YZR-M1.

Yamaha menjalin kerja sama yang cukup panjang dengan tim Tech3 asal Prancis yang dimiliki Hervé Poncharal.

Baca juga: MotoGP 2023: Cedera Tak Halangi Adik Valentino Rossi Lakoni Balapan Kandang di Mugello

Kerja sama itu terjalin dari tahun 2002 hingga 2018, sebelum akhirnya Tech3 pindah ke KTM pada 2019.

Selepas Tech3, Yamaha kemudian menjalin kemitraan dengan tim Petronas SRT yang digawangi Razlan Razali.

Kerja sama itu berlangsung selama dua musim, yakni 2020 hingga 2021.

Selepas Petronas menarik diri, pada 2022 Razali dengan tim barunya RNF Racing tetap membalap buat Yamaha dengan sokongan sponsor Italia, WithU.

Namun siapa yang mengiri edisi 2022 menjadi kali terakhir Monster Energy Yamaha memiliki tim satelit. Pasalnya di MotoGP 2023, mereka tak memiliki second tim.

Awalnya, Yamaha memang berkeinginan untuk menjalin kemitraan dengan Mooney VR46. Namun tim yang diowneri oleh Valentino Rossi ini memilih untuk bermitra dengan Ducati hingga tahun 2024.

Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP) (AFP/JORGE GUERRERO)

Yamaha kemudian memutuskan untuk 'solo karier' di MotoGP 2023 tanpa keberadaan tim satelit. Dan endingnya Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli kesulitan untuk memaksimalkan kualitas YZR-M1.

Saat ditanya peluang Yamaha menggunakan tim satelit lagi di musim 2024, Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis menegaskan, Yamaha belum akan memakai kembali jasa tim satelit pada tahun depan.

"Tahun depan bukan waktu yang tepat untuk melengkapi tim kami dengan tim satelit, " kata Jarvis dikutip dari laman Mowmag.

Diduga Yamaha masih menahan diri menggunakan lagi tim satelit, lantaran mereka ngebet menggunakan jasa tim balap Valentino Rossi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat