androidvodic.com

BWF Pertimbangkan Pemain Bulu Tangkis Rusia dan Belarusia Tanding sebagai Tim Netral - News

News - Badminton World Federation (BWF) sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan pemain bulu tangkis Rusia dan Belarusia bertanding sebagai pemain netral dalam kompetisi internasional, Rabu (31/5/2023).

Pembaruan ini dibagikan selang sebulan setelah federasi tersebut memperpanjang larangan tersebut, lapor Reuters.

BWF pertama kali melarang atlet Rusia dan Belarusia pada Maret 2022, setelah Presiden Vladimir Putin meluncurkan operasi militer khususnya ke Ukraina.

Saat memperpanjang larangan tersebut bulan lalu, BWF menegaskan tidak ada pembenaran yang tepat untuk mencabut penangguhan pemain dan ofisial dari Rusia dan Belarusia.

Namun, BWF sekarang mengubah keputusannya dan mengikuti pedoman dari Komite Olimpiade Internasional untuk mengizinkan atlet dari Rusia dan Belarusia ikut kompetisi sebagai tim netral.

“Prinsip panduan BWF adalah bahwa atlet harus selalu diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga tanpa menilai paspor mereka dan terpisah dari konflik geo-politik di luar kendali gerakan olahraga,” katanya.

Baca juga: Shi Yu Qi Bongkar Resep Kejayaan Bulu Tangkis China, Solidaritas Pemain jadi Kunci

“Oleh karena itu, kerangka kerja regulatif dan operasional untuk memungkinkan atlet dengan paspor Rusia dan Belarusia berkompetisi sebagai atlet netral individu telah ditugaskan untuk dipresentasikan ke Dewan pada pertemuan berikutnya di bulan Agustus."

“Dewan BWF kemudian akan mempertimbangkan manfaat prinsip, kerangka kerja, dan garis waktu untuk berpotensi mencabut penangguhan atlet Rusia dan Belarusia.”

Dewan diatur untuk bersidang di Kopenhagen di sela-sela Kejuaraan Dunia yang akan diselenggarakan dari 21-27 Agustus mendatang.

Kualifikasi untuk Olimpiade tahun depan di Paris akan didasarkan pada hasil yang dicapai dalam turnamen bulu tangkis antara 1 Mei 2023 dan 28 April 2024.

Sementara beberapa federasi olahraga Olimpiade telah mengizinkan atlet dari Rusia dan Belarusia untuk kembali ke kompetisi internasional, badan-badan besar seperti Atletik Dunia telah mengecualikan atlet mereka di masa mendatang karena perang.

Baca juga: Lee Chong Wei Sentil BWF, Sindir Jadwal Turnamen Bulu Tangkis yang Tak Manusiawi

Aksi ganda putra andalan Rusia Ivan Sozonov/Vladimir Ivanov
Aksi ganda putra andalan Rusia Ivan Sozonov/Vladimir Ivanov (Websita Resmi bwfbadminton.com)

Dilansir SCMP, Tim He Yiming, kepala pelatih Hong Kong mengatakan akan mendukung rencana pencabutan larangan pemain dari kedua negara.

“BWF sangat percaya bahwa olahraga harus memupuk perdamaian dan solidaritas antara semua orang dan tidak boleh menjadi kendaraan politik untuk mempengaruhi geopolitik," ungkapnya.

Ivan Sozonov adalah salah satu pemain Rusia paling terkenal, yang telah mewakili negaranya di tiga Olimpiade sejak London 2012.

Dia dan Vladimir Ivanov di ganda putra menjadi runner-up di Denmark Terbuka 2020, turnamen tingkat atas di sirkuit.

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat