androidvodic.com

5 Fakta MotoGP Italia 2023: Mugello Mabes Yamaha, Rumah Rossi Tak Ramah bagi Rider Non Pabrikan - News

News - 5 fakta menarik menghiasi balapan seri keenam MotoGP 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Mugello, Jumat (9/6/2023) hingga Minggu (11/6/2023).

Sirkuit Mugello yang juga dikenal sebagai rumah Valentino Rossi, menyajikan beragam fakta dan data menarik, termasuk julukan sebagai mabes alias markas besarnya tim Yamaha.

Balapan MotoGP Italia 2023 diprediksi akan berlangsung panas. 

Baca juga: MotoGP 2023: Umur Cuma Sebatas Angka, Dani Pedrosa Buktikan Masih Moncer di Masa Tua

(Searah jarum jam Dari L) Pembalap Aprilia Racing Spanyol Aleix Espargaro, Pembalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia, Pembalap Gresini Racing Ducati Italia Fabio Di Giannantonio dan Pembalap Monster Energy Yamaha Prancis Fabio Quartararo bersaing selama Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello, Tuscany, pada 29 Mei 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)
(Searah jarum jam Dari L) Pembalap Aprilia Racing Spanyol Aleix Espargaro, Pembalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia, Pembalap Gresini Racing Ducati Italia Fabio Di Giannantonio dan Pembalap Monster Energy Yamaha Prancis Fabio Quartararo bersaing selama Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello, Tuscany, pada 29 Mei 2022. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP) (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)

Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Franco Morbidelli hingga Luca Marini jelas tak ingin dipermalukan ketika tampil di balapan kandangnya.

Namun jangan lupakan Marc Marquez yang dalam beberapa seri terakhir menunjukkan grafik yang meningkat.

Terlepas dari itu, berikut data dan fakta menarik balapan MotoGP Italia 2023 yang dirangkum dari laman resmi MotoGP.

-Tak Ramah bagi Pembalap Satelit

Sirkuit Mugello menorehkan fakta menarik sejak menggelar balapan kelas premier era 4-Tak. 

Tercatat, semua pembalap yang mengukir kemenangan di MotoGP Italia edisi 2002 hingga 2022, semuanya diraih oleh pembalap berlabel pabrikan.

Tak ada satupun rider dari tim satelit yang meraih kemenangan di Sirkuit Mugello. Ini menjadi tantangan bagi rider tim satelit, apakah mereka mampu mengakhiri dominasi rider pabrikan atau justru sebaliknya.

Dari pembalap MotoGP 2023, tidak ada satupun rider yang mampu menorehkan kemenangan lebih dari satu. Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo hingga Marc Marquez, tercatat baru satu kali naik podium kemenangan di lintasan yang berada di wilayah Emilia Romagna ini.

-Dilabeli Rumah Valentino Rossi

Sejauh ini, tidak ada pembalap yang mampu memecahkan rekor kemenangan Valentino Rossi di Mugello. Tak heran jika kemudian lintasan tersebut diibaratkan sebagai rumah bagi legenda MotoGP asal Italia.

Tercatat, Rossi membukukan 7 kemenangan beruntun di Mugello sejak MotoGP 2002 hingga 2008. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat