androidvodic.com

Fokus ke Pole Position MotoGP Italia 2023, Fabio Quartararo: Ngamuk Enggak Ada Gunanya - News

News - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo tetap membidik pole position MotoGP Italia 2023 kendati tak bisa otomatis lolos ke Kualifikasi 2 (Q2).

Hasil kurang memuaskan diraih Fabio Quartararo saat menjalani sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello, Jumat (9/6/2023).

Walhasil, Fabio Quartararo terlempar dari posisi 10 besar dalam kombinasi waktu gabungan FP1 dan FP2, tepatnya di urutan ke-16.

Ini artinya, jika ingin menjaga asa meraih pole position MotoGP Italia 2023, rider berjuluk El Diablo ini harus melewati Q1 lebih dulu.

Baca juga: Jagoan Rider MotoGP 2023 di Final Liga Champions: Man City Minoritas, Murid Rossi Pro Inter Milan

MotoGP Italia 2023 sejatinya memiliki prospek cerah bagi para pembalap Yamaha untuk meraih kemenangan. Berdasarkan rekam jejak, pabrikan Jepang ini menjadi yang tersukses selama mengaspal di Mugello.

Monster Energy Yamaha merupakan tim dengan jumlah kemenangan terbanyak pad grand prix Italia sejak 2002, yakni 11 kali. Tak heran jika Mugello kemudian dilabeli sebagai mabes alias markas besar Yamaha.

Namun dalam beberapa musim terakhir Yamaha memang kesulitan untuk menciptakan kuda besi, YZR-M1, yang mampu bersaing dengan motor pabrikan lain.

Ini yang kemudian menimbulkan banyak kekecewaan dibanding optimisme dari para pembalapnya. Tak terkecuali Quartararo.

Sebelumnya, Quartararo membidik pole position sebagai kunci untuk memperbesar kans meraih podium utama MotoGP Italia 2023.

Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP)
Pembalap Yamaha Prancis Fabio Quartararo berkompetisi selama Grand Prix MotoGP Spanyol di arena balap Jerez di Jerez de la Frontera pada 30 April 2023. (Photo by JORGE GUERRERO / AFP) (AFP/JORGE GUERRERO)

"Saya rasa Pole Position menjadi kunci untuk jalannya balapan akhir pekan nanti. So, Jumat-Sabtu merupakan hari krusial bagi kami untuk memperjuangkan tempat ( di grid depan)," terang Fabio Quartararo, dikutip dari Motosan.

"Baru setelah bisa menjamin Pole, maka saya bisa habis-habisan di sprint maipun main race-nya," sambung juara dunia MotoGP 2021.

Namun apa yang didambakan oleh Quartararo tak bisa berjalan mulus.

Realitasnya tak semanis ekspektasi, mengingat dia tak bisa otomatis melaju ke Q2. Quartararo harus berjibaku di Kualifikasi pertama demi lolos ke Q2.

Padahal Quartararo pada seri keenam MotoGP 2023 ini menggunakan spek motor dua tahun lalu, tepatnya saat dia menyegel gelar juara dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat