androidvodic.com

AVC Challenge Cup 2023: Saingan Timnas Voli Putra Indonesia Berkurang, Vietnam Tak Ambisi Jadi Juara - News

News - Timnas voli putra Indonesia dan Vietnam memiliki cara berbeda menyikapi AVC Challenge Cup 2023 China Taipei yang dimulai 8 Juli mendatang.

Timnas voli putra Indonesia ditarget meraih gelar juara AVC Challenge Cup 2023, sekaligus menjaga asa lolos ke Volleyball Nations League (VNL) musim depan.

Hal ini berbanding terbalik dengan Vietnam. Skuad asuhan Tran Dinh Tien memilih tak terlalu ambisius dalam menyongsong AVC Challenge Cup 2023.

Alih-alih membidik gelar juara layaknya Timnas voli putra Indonesia, Vietnam menggunakan kejuaraan voli Asia sebagai ajang pembelajaran bagi skuadnya.

Baca juga: Sinyal Voli Putri Vietnam Mundur dari FIVB Challenger Cup 2023 Menguat, Indonesia Punya Hak Istimewa

Vietnam memang membidik target untuk memberikan jam terbang dan pengalaman kepada pemainnya yang mayoritas mengandalkan pemain muda.

AVC Challenge Cup 2023 dipandang Tran Dinh Tien sebagai bagian dari tim voli putra Vietnam dalam membangun kekuatan untuk jangka panjang.

"Tujuan utama tim voli putra Vietnam mengikuti AVC Challenge Cup 2023 ini adalah menciptakan kondisi dan peluang bagi pemain untuk mempersiapkan tujuan jangka panjang."

"Di sisi lain agar atlet muda mampu bersaing secara internasional, seiring dengan arah yang lebih baik ke turnamen berikutnya," terang sang juru taktik, dikutip dari laman WebTheThao.

Tim voli putra Vietnam yang pada SEA Games 2023 meraih medali perunggu, memilih untuk banyak mengambil pelajaran dari pertandingan di China Taipei nanti.

Pelatih Vietnam sadar bahwa banyak tim-tim kuat yang akan membidik gelar juara. Satu di antaranya ialah Timnas voli putra Indonesia. 

Aksi dari timnas voli putra Vietnam ketika berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.
Aksi dari timnas voli putra Vietnam ketika berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. (Instagram @volleytrails)

"Di AVC Challenge Cup, terdapat banyak tim kuat, jadi seluruh tim bertujuan untuk meningkatkan akses atlet ke level yang lebih tinggi dan mengumpulkan lebih banyak pengalaman untuk diri mereka sendiri," papar Tran Dinh Tien.

Timnas voli putra Vietnam tergabung di Grup E bersama Australia dan Pakistan. Peluangnya untuk melaju ke babak selanjutnya memang terbuka, meski kecil.

Australia, jelas bukan tim yang bisa dipandang remeh karena pernah tampil di kejuaraan voli dunia VNL edisi 2021.

Kebalikannya dengan Timnas voli putra Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat