androidvodic.com

World Beach Games 2023 Batal Digelar di Bali, Persoalan Anggaran Tak Cair Jadi Sebab - News

News - World Beach Games 2023 batal digelar setelah Bali memutuskan untuk mundur menjadi tuan rumah.

Untuk diketahui, World Games 2023 di Bali merupakan edisi kedua setelah edisi pertama digelar pada 2019 lalu di Doha, Qatar. 

Ajang World Beach Games 2023 sedianya akan digelar di Bali pada 5-12 Agustus 2023 nanti, namun sebelum ajang tersebut dimulai, Indonesia justru mundur dari tuan rumah.

Mundurnya Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 ini diumumkan oleh Association of National Olympic Committees (ANOC) melalui laman resmi mereka pada Selasa (4/7/2023) malam.

Untuk diketahui, ANOC merupakan organisasi yang membawahi Komite Olimpiade dari 206 negara.

Mereka sangat kecewa dengan batalnya World Games 2023 di Bali ini lantaran pembatalan ini hanya berjarak sebulan lagi dari jadwal yang semestinya ditentukan.

"Sangat mengejutkan dan sangat mengecewakan ANOC mengetahui bahwa Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Majelis Umum ANOC pada Agustus 2023," ungkap ANOC melalui laman resmi mereka.

Baca juga: Ketum KOI Berharap Anggaran Dari Kemenpora Segera Cair Untuk ANOC World Beach Games

Dalam rapat-rapat yang digelar selama ini tidak ada indikasi mengenai pembatalan event tersebut.

Bahkan, ANOC mengaku selalu diyakinkan oleh pihak KOI bahwa masalah akan bisa diatasi dan Olimpiade akan berjalan sesuai rencana.

"Meskipun ada tantangan dalam persiapan Olimpiade, seperti pada acara multi-olahraga besar mana pun, ANOC secara teratur diyakinkan oleh KOI bahwa solusi akan ditemukan dan Olimpiade akan berjalan sesuai rencana."

"ANOC dan KOI bertemu untuk rapat koordinasi mingguan, baru-baru ini minggu lalu, dan KOI sama sekali tidak menunjukkan adanya masalah yang akan mengarah pada hasil seperti itu," bebernya.

Disebutkan alasan Indonesia menarik diri sebagai tuan rumah lantaran tidak turunnya anggaran dari pemerintah.

"KOI menyatakan keputusan itu diambil setelah anggaran tidak dikeluarkan oleh Pemerintah negara dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan Olimpiade," ungkapnya.

Baca juga: Daftar Negara Peserta Meeting World Beach Games 2023 di Bali: Tak Ada Kontingen Israel

Keputusan mendadak tentang mundurnya Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 ini membuat pihak ANOC membatalkan Olimpiade tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat