androidvodic.com

Cocoklogi Honda Ngekor Suzuki Mundur dari MotoGP, Berawal dari Eksodus Para Pembalapnya - News

News - Kemungkinan Honda mengikuti jejak Suzuki Ecstar hiatus alias menarik diri dari MotoGP 2024 terbuka lebar.

Apalagi rumor yang berkembang, 3 pembalapnya akan meninggalkan Honda di MotoGP 2024, mulai dari Marc Marquez, Joan Mir, dan Alex Rins.

Memasuki summer break musim MotoGP 2023, isu seputar bursa transfer pembalap semakin liar bergeliat. Salah satunya datang dari garasi pabrikan Honda maupun satelit LCR Honda Idemitsu.

Baca juga: Tak Mau Recoki Honda, KTM Mulai Main Mata dengan Gresini untuk MotoGP 2024

Eksodus besar-besaran akan terjadi mengingat Honda Racing Corportaion (HRC) tidak sanggup memberikan spek motor yang diinginkan para pembalapnya.

Khusus Takaaki Nakagami, pembalap asal Jepang ini memang kotraknya berakhir di MotoGP 2023. Kabar yang berkembang, LCR Honda ingin mendatangkan juniornya yang kini tengah mengaspal di Moto2, Ai Ogura.

Namun tiga pembalap Honda lain, masih terikat kontrak hingga tahun 2024. Ini yang kemudian mengakibatkan spekulasi masa depan pabrikan berlogo sayap tunggal mengepak ini menjadi liar.

Honda mengalami periode terburuknya di kelas para raja.

Mereka tidak bisa menciptakan RC213V, motor yang bersaing dalam persaingan gelar juara dunia MotoGP.

Bahkan dua pembalap pabrikan Honda, Joan Mir dan Marc Marquez, menjadi rider dengan jumlah kecelakaan tertinggi.

Marc Marquez tercatat mengalami crash sebanyak 14 kali. Sedangkan Mir dua lebih sedikit dari rekan setimnya itu.

Pebalap Tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez mengemudikan motornya saat sesi latihan bebas pertama Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 16 Juni 2023. Ronny Hartmann/AFP
Pebalap Tim Repsol Honda Spanyol Marc Marquez mengemudikan motornya saat sesi latihan bebas pertama Grand Prix sepeda motor MotoGP Jerman di sirkuit balap Sachsenring di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz, Jerman timur, pada 16 Juni 2023. Ronny Hartmann/AFP (Ronny Hartmann/AFP)

Situasi ini sulit diterima bagi pabrikan sekaliber Honda yang dalam satu dekade terakhir memang mendominasi MotoGP.  Kondisi diperparah dengan isu tiga pembalap andalannya akan cabut dari tim setelah MotoGP 2023 rampung. 

Pertama ialah Alex Rins, rider asal Spanyol ini dapat hengkang lebih cepat dari durasi kontraknya bersama Honda

Rins memang memiliki klausul hengkang setelah musim perdananya tidak memiliki feel yang bagus ketika bekerjasama dengan LCR Honda.

Kabarnya, Yamaha menjadi tim terdepan yang menggunakan jasa Alex Rins. Mantan rider Suzuki Ecstar ini diproyeksikan bertandem dengan Fabio Quartararo menggantikan Franco Morbidelli.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat