androidvodic.com

Indonesia International Basketball Invitational Digelar 2-5 Agustus 2023 - News

News, JAKARTA - Kangen dengan penampilan terbaik Timnas Bolabasket Indonesia? Datang saja ke Indoor Multifunction Stadium (IMS) Senayan, pada 2-5 Agustus nanti.

Venue FIBA World Cup 2023 itu akan menjadi panggung Timnas Indonesia saat tampil di Indonesia International Basketball Invitational.

Indonesia Turunkan Dua Tim Sekaligus

Pada ajang ini, Perbasi menurunkan dua tim sekaligus. Indonesia National Team dan Indonesia Patriots.

Indonesia National Team dipimpin Coach Milos Pejic. Arsitek asal Serbia itu akan didampingi Johannis Winar dan Wahyu Widayat Jati. Jeremy Imanuel Santoso sebagai manager.

Sedangkan untuk Indonesia Patriots, BTN menunjuk Youbel Sondakh sebagai pelatih. Dia didampingi Ismail dan Bambang Asianto Pribadi sebagai asisten. Sementara untuk manager ada Ferri Jufry.

Menurut Jeremy Imanuel Santoso, Indonesia National Team berisi pemain terbaik Indonesia. Mereka adalah skuad yang memenangkan medali emas di SEA Games 2021 Hanoi. Di dalamnya ada Marques Bolden, Derrick Michael, Andakara Prastawa, dan Arki Dikania Wisnu.

"Indonesia International Basketball Invitational ini menjadi ajang kita untuk memberikan apresiasi kepada tim medali emas SEA Games Hanoi. Kami hadirkan tim terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Marques dan Derrick main di pertandingan ini. Turnamen ini bagian dari misi kami memberikan apresiasi dan kesempatan untuk publik melihat tim terbaik Indonesia bermain di IMS pertama kalinya sekaligus bagian dari persiapan kita menatap Pre Olympic Qualifier mendatang," jelas Jeremy.

Tim Indonesia Patriots Akan Diisi Pemain Masa Depan Indonesia

Lanjut Jeremy, untuk tim Indonesia Patriots akan diisi pemain masa depan Indonesia. Mereka adalah pemain potensial yang kelak bisa menjaga nama besar Indonesia di kancah dunia.

"Indonesia Patriots juga diisi pemain keturunan, Zane Adnan dan Xavier Ford. Ajang ini akan jadi debut mereka. Xavier baru selesai Divisi 1 NCAA di Sacramento State. Sedangkan Zane Adnan baru akan mulai Diivisi 1 NCAA di Uni of Albany," terang Jeremy.

Sekjend PP Perbasi, Nirmala Dewi menjelaskan, Indonesia International Basketball Invitational merupakan rangkaian persiapan Timnas Indonesia menuju Asian Games 2023 Hangzhou. Selain itu juga ada Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Hadapi rangkaian kegiatan itu, Nirmala mengatakan bahwa P PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) memanggil 29 pemain untuk jalani training center (TC).

Mayoritas mereka muka lama di timnas. Mulai Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Anthony Beane, Brandon Jawato, Dame Diagne, Agassi Goantara, Widyanta Teja, Juan Laurent, Reza Guntara, Vincent Kosasih, Kaleb Ramot, Derrick Michael, Marques Bolden, Yudha Saputera, dan Althof Satrio.

Kemudian ada Kelvin Sanjaya, Xavier Ford, Serigne Modou Kane, Pandu Wiguna, Daffa Adhoifullah, Ali Bagir, Randy Prasetya, Agus Salim, Antony Erga, Karl Patrick, Hendrik Yonga, Fisyaiful Amir, Aldy Izzatur Rahman, dan Zane Adnan.

“Kami berharap waktu yang ada ini dimaksimalkan sebaik mungkin untuk mendapatkan tim yang solid dan bisa bersaing di Asian Games Huangzhou,” terang Nirmala.

Pemain Masuk Pelatnas 25 Juli 2023

Para pemain masuk pelatnas pada 25 Juli 2023. Putusan ini diambil karena mayoritas pemain tersebut baru menyelesaikan IBL Playoffs. Namun ada beberapa pemain yang sudah gabung latihan sejak 17 Juli 2023.

Lanjut Jeremy, untuk pelatih tetap dibawah kendali Milos Pejic. Arsitek asal Serbia itu akan didampingi Johannis Winar dan Wahyu Widayat Jati. Mereka pimpin Indonesia National Team.

Sedangkan untuk Tim Indonesia Patriots, BTN menunjuk Youbel Sondakh sebagai pelatih. Dia didampingi Ismail dan Bambang Asianto Pribadi sebagai asisten. Sementara untuk manager ada Ferri Jufry.

“Kami akan manfaatkan ajang ini sebaik mungkin untuk memberikan menit main kepada pemain muda Indonesia menjajal event International,” jelas Ferri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat