androidvodic.com

11 Hari Jelang FIBA World Cup 2023, LOC Gelar Rakor Soal Keamanan dengan Kepolisian - News

11 Hari Jelang FIBA World Cup 2023, LOC Gelar Rakor Terkait Keamanan dengan Kepolisian dan Pihak Terkait

 
Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait keamanan dengan pihak kepolisian dan sejumlah pemangku kepentingan.

Rakor keamanan itu dilakukan sebelas hari menjelang tip-off FIBA World World Cup pada 25 Agustus mendatang.

Rapat koordinasi itu berlangsung di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang menjadi venue pertandingan FIBA World Cup 2023, Senin (14/8/2023) sore WIB.

Ketua LOC FIBA World Cup 2023, Budisatrio Djiwandono mengatakan rapat koordinasi ini sangat penting untuk menjamin terselenggaranya kegiatan dengan risiko yang minim.

"Kami tidak hanya menyiapkan venue agar siap memanggungkan pertandingan, tetapi juga hal teknis lainnya. Misalnya arus keluar masuk penonton, serta manajemen keamanan dan risiko lainnya.

"Kami semua berharap penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 di Indonesia akan berjalan dengan lancar dan sukses tanpa kendala dengan persiapan maksimal yang kita jalankan," jelasnya.

Rapkor tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yandri Irsan.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas Pemadam dan Penyelamatan Provinsi DKI.

Secara garis besar, rakor tersebut membahas potensi risiko kegiatan, mulai dari kedatangan kontingen di bandara, penginapan atlet dan VIP, serta venue Indonesia Arena baik lapangan pertandingan maupun lapangan latihan.

Tak hanya itu, pada pertemuan tersebut juga dibahas soal keselamatan, keamanan, dan manajemen risiko dari kegiatan.

Mulai dari jalur evakuasi penonton, pemain, dan tamu VIP sebagai antisipasi terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat FIBA World Cup 2023 berlangsung.

Hasilnya, LOC akan menggelar simulasi evakuasi oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta yang akan digelar pada Kamis, 17 Agustus.

Selain itu juga dibahas soal pengaturan kerumunan orang, terutama saat game day. Ada beberapa opsi yang dibahas, di antaranya penempatan personel khusus untuk mengatur kerumunan orang.

Juga penentuan yang lebih terperinci tentang area ring 1, 2, dan 3 di seputar Indonesia Arena.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat