androidvodic.com

Fakta Marc Marquez di MotoGP Catalunya 2023: Rider Akamsi Butuh Uluran Tangan Dewi Fortuna - News

News - Marc Marquez menjadi salah satu rider Akamsi alias anak kampung sini menyongsong balapan MotoGP Catalunya 2023.

Tak cuma Marc Marquez seorang, Catalunya, Spanyol juga menjadi kota kelahiran sejumlah pembalap MotoGP 2023 seperti Alex Marquez, Pol Espargaro, Aleix Espargaro dan Alex Rins.

Tak heran kalau Marc Marquez mengidolai tim sepakbola Barcelona yang bermarkas tak jauh dari sirkuit Montmelo, lokasi MotoGP Catalunya 2023. 

Kendati berstatus sebagai local hero, MotoGP Catalunya bukanlah lokasi yang menguntungkan bagi Marc Marquez.

Baca juga: Jadwal MotoGP Catalunya 2023 Tayang Trans7: Tekad Murid Rossi Tebus Dosa di Kandang Marquez

Sepanjang karier balap dunia yang sudah ia jalani sejak 2008 di GP125, baru tiga kemenangan yang ia rasakan di kampung halamannya. 

Satu kali di GP125 (2010) dan 2 kali di MotoGP (2014 dan 2019). 

Sisanya Marc Marquez lebih sering meraih podium kedua, meskipun ia mencetak pole position atau fastest lap

Balapan MotoGP Catalunya 2023 menjadi momentum bagi Marc Marquez untuk memperbaiki performa. Pada seri sebelumnya di Red Bull Ring, pembalap berjuluk The Baby Alien ini akhirnya mendulang poin perdana dari sesi main race.

Seri MotoGP Austria 2023 dua pekan lalu (13/8/2023), Marc Marquez berhasil finish di posisi 12, point pertamanya di musim ini yang ia raih di balapan utama. 

Motivasi lain yang membuat Marc Marquez optimis untuk bisa mendapatkan hasil baik di Catalunya adalah rekam jejaknya tiga tahun terakhir. 

Pebalap Repsol Honda Team Spanyol Marc Marquez (Kiri) dan pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP Italia Franco Morbidelli bersaing selama balapan sprint di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 18 Agustus 2023, menjelang Grand Prix MotoGP Austria.
Pebalap Repsol Honda Team Spanyol Marc Marquez (Kiri) dan pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP Italia Franco Morbidelli bersaing selama balapan sprint di trek balap Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 18 Agustus 2023, menjelang Grand Prix MotoGP Austria. (JURE MAKOVEC / AFP)

Sejak cedera di 2020, Marc Marquez tidak pernah finish di MotoGP Catalunya. 

Bahkan di 2020 dan 2022 ia sama sekali tidak balapan karena menjalani masa penyembuhan lengan kanannya. 

Kemudian pada MotoGP Catalunya 2021, Marc Marquez gagal merampungkan balapan setelah terjatuh alias crash pada Turn 10 di Sirkuit Barcelona de Catalunya.

MotoGP Catalunya 2023 merupakan seri ke-11 di musim ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat