androidvodic.com

Borisa Simanic Kehilangan Ginjalnya usai Disikut Pemain Sudan Selatan di FIBA World Cup 2023 - News

News - Pebasket Serbia Borisa Simanic kehilangan ginjalnya setelah disikut pemain Sudah Selatan kala bersua di fase grup babak pertama FIBA World Cup 2023.

Borisa Simanic menjalani dua kali operasi di Rumah Sakit Manila, Filipina, hingga keputusan akhirnya harus mengangkat ginjalnya akibat sikutan dari Nuni Omot selaku pemain Sudan Selatan.

Federasi basket Serbia telah menerangkan bahwa pemantauan kondisi Simanic telah dilakukan sejak tanggal 30-31 Agustus 2023 lalu dan operasi pengangkatan ginjal dilakukan pada Minggu (3/9/2023).

Baca juga: Indonesia Dapat Predikat Terbaik Dalam Menggelar FIBA World Cup 2023

Setelah mendapat sikutan di bagian tengah perutnya, Simanic langsung dibawa ke rumah sakit dan tak bisa melanjutkan perjalanannya di FIBA World Cup 2023.

"Setelah Simanic dioperasi untuk pertama kalinya pada malam antara 30 dan 31 Agustus, para dokter memantau pemulihan pascaoperasi dan memutuskan bahwa karena komplikasi, operasi baru (pada 3 September) diperlukan," tulis keterangan Federasi dilansir Reuters.

Namun demikian, setelah dalam pantauan, dokter memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan ginjal karena menunjukan perubahan vitalitas jaringan pada ginjalnya.

"Karena perubahan vitalitas jaringan ginjal, seluruh ginjal harus diangkat melalui operasi," terang Federasi Basket Serbia.

Walhasil pada hari Minggu (3/9/2023) Borisa Simanic harus melakukan operasi pengangkatan ginjalnya.

Omot selaku pemain yang menyebabkan insiden tersebut telah meminta maaf dan menerangkan bahwa dia tak ingin bermain kotor.

Dia juga meminta maaf kepada pemain andalan Serbia itu dan mendoakan agar segera sembuh.

"Maafkan saya, saya tidak bermaksud melakukan permainan kotor apa pun. Saya harap Anda cepat sembuh. Aku doakan kamu, kamu ada dalam doaku," terang Omot mengutip laman The Guardian.

"Saya bukan pemain kotor, saya tidak pernah menjadi pemain kotor. Dari lubuk hati saya, saya dengan tulus meminta maaf kepada semua orang yang menonton dan kepada pemain khususnya," sambung Omot.

Terlepas dari insiden mengerikan yang dialami oleh Simanic, Timnas Basket Serbia menunjukkan kiprah apiknya di FIBA World Cup 2023.

Keluar sebagai juara Grup B di babak pertama penyisihan, Simanic dan kolega berhasil melaju hingga babak perempat final.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat