androidvodic.com

Trabas Merdeka 20 Tempuh Jarak 230 Km, Komunitas Trail Mengulang Sejarah di Batu Karas - News

Trabas Merdeka 20 Tempuh Jarak 230 Km, Komunitas Trail Mengulang Sejarah di Batu Karas

Eri Komar Sinaga/News

News, TASIKMALAYA - Aroma kepulan asap, baik 2 tak maupun 4 tak tumpah ruah di even bergengsi Trabas Merdeka 20, yang digelar di Tasik, Jawa Barat.

Garapan Trail Adventure Bandung Assosiation atau Trabas Bandung kali ini disajikan begitu epik dan menarik serta menantang.

Pasalnya, para offroader harus berpacu selama dua hari dengan jarak tempuh 230 kilometer.

Hari pertama Sabtu (9/9/2023), Offroader harus menempuh 140 Km dari Tasik menuju Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat. Kemudian di hari kedua, Minggu (10/9/2023) para Offroader harus menempuh jarak 90 Km dari Batu Karas menuju finish Kota Banjar, Jawa Barat.

Baca juga: Race Hiu Selatan Adventure Trail ‘Road to WEES’ Bakal Diramaikan Sejumlah Pebalap Internasional

Tentunya jarak tempuh 230 Km ini, bukan sekedar jalur biasa. Dari tanjakan, sungai, dan segala jenis medan tersaji di acara Trabas Merdeka 20 tahun ini. Sajian yang dikemas oleh Trabas Bandung ini memang berbeda dari yang lain.

Mereka selalu mengemas acara selama dua hari. Seperti halnya Trabas Merdeka dari tahun ke tahun sebelumnya. Mereka meracik jalurnya begitu matang.

Racikan jalur itu pun, banyak membuat para Offroader tumbang. Seperti halnya pada kegiatan Trabas Merdeka 20, yakni di hari pertama, Sabtu (9/9/2023). Terutama di awal masuk jalur, langsung tersaji tanjakan, jalur akar, dan bergelombang.

Dilanjut dengan jalur speed, para rider pun buru-buru "ngebetot gas" kuda besi mereka.

Para riders melalui desa terpencil, terowongan bersejarah, yang berada di wilayah Banjar.

Setelah berjam-jam berjuang menaklukan jalur sepanjang 130 Km dari Tasik menuju Batu Karas di hari pertama, lelah para rider pun sirna, ketika acara dilanjut dengan perayaan HUT ke-28 Trabas.

Kegiatan Trabas Merdeka yang ke 20 ini, juga sekaligus merayakan hari lahir komunitas trail terbesar di Indonesia. Trabas Bandung merupakan komunitas yang bisa dibilang mempopulerkan olahraga trail adventure pertama kali, terutama di Jawa Barat yang akhirnya menjamur ke setiap pelosok daerah.

Kegiatan tiap tahunnya, Trabas selalu menyajikan acara offroad dengan jalur berpetualang ke dalam hutang menggunakan motor trail. Seperti tahun yang ke 20 ini. Mereka kembali menyajikan even dengan tema Two Decades.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat