androidvodic.com

JAPFA Chess Festival Tampilkan 12 Kategori Pertandingan Yang Terbagi Menjadi Beberapa Kelompok Usia - News

News, JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dan PB Percasi menggelar JAPFA Chess Festival ke-13 yang akan diselenggarakan pada 18-22 Oktober 2023 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat.

Turnamen catur tahunan tersebut memiliki 12 kategori pertandingan yang terbagi menjadi beberapa kelompok usia dan memperebutkan total hadiah senilai 265 juta rupiah.

JAPFA Kenalkan Inovasi Catur 

Pada turnamen tahunan tersebut, JAPFA bersama Universitas Gunadarma memperkenalkan inovasi robot catur yang dapat dimanfaatkan sebagai lawan untuk latih tanding para pecatur.

Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA mengatakan bahwa sesuai dengan namanya, JAPFA Chess Festival terus mempertahankan ciri khas festivalnya dengan mengakomodasi semua kelompok dan usia peserta catur Indonesia.

"Melalui ajang ini, kami berharap dapat menemukan talenta-talenta terbaik yang akan menjadi generasi penerus olahraga catur Indonesia. Apalagi tahun ini, kami bersama dengan Universitas Gunadarma menggarap kecerdasan artifisial yang dapat berfungsi sebagai mentor bahkan lawan tanding, sehingga diharapkan dapat semakin menarik minat generasi muda untuk menggeluti olahraga ini,” tutur Rachmat Indrajaya.

Saat penyelenggaraan JAPFA Chess Festival, robot catur secara perdana akan dipertunjukkan dan diuji coba secara langsung oleh pecatur kebanggaan Indonesia.

Pecatur Internasional Mendapatkan Kesempatan Bertanding Melawan Robot

Pecatur bergelar internasional juga akan mendapatkan kesempatan bertanding melawan robot catur ini. Pertandingan para pecatur melawan robot ini dapat disaksikan pada hari kedua hingga hari ke-5 pertandingan berakhir.

Pada kesempatan yang sama, GM Utut Adianto, Ketua Umum PB Percasi menyampaikan bahwa antusiasme para peserta JAPFA Chess Festival terus meningkat setiap tahunnya.

Hingga hari ini, total peserta mencapai 400 orang dari berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya itu, JAPFA Chess Festival juga diramaikan oleh para pecatur Internasional, diantaranya WGM dari Vietnam dan Filipina vang turut berlaga melawan WGM Indonesia pada kategori Dwitarung Internasional”.

Kategori Dwitarung Internasional Adalah Kategori Khusus

Kategori Dwitarung Internasional adalah kategori khusus dari 12 kategori pertandingan yang ada. Tahun ini, kategori ini menghadirkan WGM Dewi AA. Citra (Indonesia) melawan WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) untuk kategori dwitarung catur standar, serta WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) vs Theodora Walukow (Indonesia) untuk kategori catur kilat secara online.

Selain itu, terdapat kategori open yang dipersiapkan untuk para pemain profesional. Khusus untuk pecatur yang merupakan karyawan perusahaan, dapat bermain dikategori antar-perusahaan. Bagi pecatur remaja dan sedang mengejar prestasi dapat bermain di kelompok U-16.

Sedangkan, bagi para pecatur berbakat yang sedang dipromosikan menjadi calon bintang dapat berlaga di kelompok Internasional Master.

Di luar kategori tersebut, masih terdapat kategori pertandingan lainnya yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu Kelompok Umur di bawah 10 tahun, di bawah 14 tahun, dan di bawah 18 tahun, baik untuk putra maupun putri.

JAPFA Chess Festival Membuka Peluang Untuk Mereka Yang Amatir

JAPFA Chess Festival juga membuka peluang untuk mereka yang amatir, dimana mereka bisa bermain di kelompok Catur Kilat yang diperuntukkan bagi panitia, wasit, serta para wartawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat