androidvodic.com

Tatap MotoGP Valencia 2023, Jorge Martin Sumbang Satu Gelar Juara Dunia untuk Pramac Ducati - News

News - Balapan MotoGP Valencia 2023 di Sirkuit Ricardo Tormo baru berlangsung akhir pekan ini, Minggu (26/11/2023), namun Jorge Martin sudah menyegel satu gelar juara.

Yap, Jorge Martin resmi memberikan gelar juara dunia kategori tim kepada Pramac Ducati pada MotoGP 2023.

Kepastian Pramac Ducati meraih juara dunia kategori tim MotoGP 2023, setelah Jorge Martin merampungkan balapan seri Qatar di Sirkuit Lusail akhir pekan lalu.    

Sebagaimana yang diketahui, GP Valencia menjadi balapan yang paling penting nan krusial bagi rider berjuluk Martinator ini.

Baca juga: Syarat Pecco Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2023 Tanpa Lakoni Balapan Utama di GP Valencia

Bersaing dengan Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team, Jorge Martin dapat banyak dukungan. Selain performanya yang impresif, Jorge Martin juga ingin jadi juara MotoGP pertama dari tim satelit.

Terakhir gelar itu diraih oleh Valentino Rossi saat tahun 2001, di mana kelasnya masih GP 500 2-tak.

Dengan 4 kemenangan di balapan lalu 8 Sprint race, Jorge Martin mendulang 416 poin. Angkanya terpaut 21 poin dengan Pecco Bagnaia, yang gabung tim pabrikan Ducati.

Jorge Martin bisa mempertahankan kesempatan juara dunia, dengan dua situasi di mana harus finish minimal posisi kedua di sprint race MotoGP Valencia.

Lalu, Pecco Bagnaia finish di posisi di bawah 6, membuat selisih poinnya bisa dikejar Jorge Martin saat balapan hari Minggu. 

Pastinya tegang banget para pembalap dan manajemen tim Pramac Ducati, untuk gelar juara dunia pembalap pertama mereka.

Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan mengamankan pole position dengan pembalap Spanyol Prima Pramac di posisi kedua Jorge Martin (kiri) usai sesi kualifikasi Grand Prix Malaysia MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 11 November 2023
Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan mengamankan pole position dengan pembalap Spanyol Prima Pramac di posisi kedua Jorge Martin (kiri) usai sesi kualifikasi Grand Prix Malaysia MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 11 November 2023 (MOHD RASFAN/AFP)

Setidaknya, tim satelit yang sudah ikut MotoGP sejak tahun 2002 ini punya gelar penting lain.

Rupanya Pramac Ducati  meraih gelar juara dunia tim MotoGP 2023, dengan perolehan 663 poin. Karena tidak hanya Jorge Martin yang tampil impresif, namun juga rekan setimnya, Johann Zarco.

Pembalap senior asal Prancis ini, berhasil meraih 204 poin dan berada di klasmen pembalap ke-5.

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, total kemenangan Pramac Ducati adalah menang balapan 5 kali, 13 podium, 8 juara sprint dan 13 podium di Sprint race.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat