androidvodic.com

Bukan Sembarang Rekor, Jorge Martin Juara Dunia MotoGP 2023 Putus Rantai Dominasi Tim Pabrikan - News

News - Ragam rekor menarik tersaji jika Jorge Martin mengalahkan Francesco Bagnaia dalam perburuan juara dunia MotoGP 2023.

Sejumlah rekor dansejarah sah diukir Jorge Martin, dengan catatan pembalap Pramac Ducati ini mengakhiri musim MotoGP 2023 sebagai pemuncak klasemen.

Gelar juara dunia MotoGP 2023 Jorge Martin memang sulit terealisasi, namun bukan berarti tak mungkin.

Balapan Grand Prix Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (26/11/2023) menjadi pertarungan pamungkas, siapa yang berhak antara Pecco Bagnaia dan Jorge Martin menyegel titel kampiun.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2023 Live Trans7, Klasemen dan Skenario Bagnaia Juara di Ricardo Tormo

Di atas kertas pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia diunggulkan dari Jorge Martin.

Namun jika Jorge Martin mampu membalikkan keadaan dan jadi juara dunia di MotoGP Valencia 2023, maka deretan panjang rekor pun dibuatnya.

Pertama, Jorge Martin bakal menjadi pembalap pertama yang merengkuh juara dunia dari skuad MotoGP non-pabrikan.

Sebagai informasi saja, sejak MotoGP era 4-Tak diperkenalkan tahun 2002, belum ada satupun pembalap dari non-pabrikan yang merengkuh titel bergengsi itu.

Dan jika Jorge Martin juara dunia MotoGP 202, maka dominasi 22 tahun pembalap MotoGP pabrikan dipastikan ambyar.

Kedua, rekor lainnya memiliki benang merah dengan Jorge Lorenzo pada edisi 2015.

Posisi Jorge Martin dan Jorge Lorenzo sama-sama di posisi runner-up di klasemen pembalap, namun kemudian berhasil membalikkan keadaan dan jadi juara dunia.

Pembalap Prima Pramac asal Spanyol Jorge Martin merayakan finis pertama usai balapan Tissot Sprint jelang Grand Prix Moto GP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail pada 18 November 2023.
Pembalap Prima Pramac asal Spanyol Jorge Martin merayakan finis pertama usai balapan Tissot Sprint jelang Grand Prix Moto GP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail pada 18 November 2023. (KARIM JAAFAR / AFP)

Rekor ketiga adalah Jorge Martin menjadi rider Spanyol ketiga, setelah Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang menentukan titelnya hingga putaran terakhir.

Jorge Martin sampai juara dunia di MotoGP Valencia 2023 semakin mengukuhkan dominasi pembalap Spanyol paling banyak juara dunia MotoGP.

Sebelumnya sudah 3 orang Spanyol jadi juara dunia di era MotoGP modern 4-Tak; Jorge Lorenzo (2010, 2012 dan 2015); Marc Marquez (2013-2014, 2016-2019) dan Joan Mir (2020).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat