androidvodic.com

Perbasi Putuskan Jerome Anthony Beane Bisa Tampil Sejak Awal Musim di IBL 2024 - News

Perbasi Putuskan Jerome Anthony Beane Bisa Tampil Sejak Awal Musim di IBL 2024

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Pebasket naturalisasi Indonesia, Jerome Anthony Beane, dipastikan berlaga sejak awal musim di IBL 2024.

Hal tersebut merujuk keputusan Pengurus Pusat Perbasi yang mendukung keputusan untuk mengizinkan pemain naturalisasi yang belum genap satu tahun memegang paspor Indonesia.

Putusan Perbasi ini tertuang dalam surat tanggapan dari IBL terkait status Beane. Surat bernomor 2313-REV/PP/DN/XII/2023 tertanggal 22 Desember 2023.

Langkah itu sesuai dengan rencana federasi dalam memudahkan koordinasi antara pemain dengan Badan Tim Nasional (BTN) menatap agenda internasional di tahun 2024.

“Beane merupakan salah satu bagian dari Timnas Bolabasket Indonesia yang dipersiapkan dalam ajang terdekat di tahun 2024. Maka dari itu, PERBASI memutuskan Beane dapat bermain di IBL tahun 2024 sejak awal musim,” ungkap Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Seperti diketahui, pada IBL musim 2024 Perbasi melonggarkan aturan pemain lokal naturalisasi berlabel Timnas Basket Indonesia bermain di kompetisi domestik.

Sebelumnya para pemain lokal naturalisasi didorong bermain di liga luar negeri karena tujuan melakukan naturalisasi adalah untuk timnas, bukan untuk klub.

Setelah dievaluasi, skenario tersebut rupanya membuat BTN kesulitan memanggil pemain saat dibutuhkan tenaganya karena bertabrakan dengan agenda di masing-masing klub.

Pada tahun 2024, Indonesia akan berlaga di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 window 1 dengan format kandang dan tandang.

Dengan bermainnya pemain lokal naturalisasi Timnas di liga lokal, akan memudahkan koordinasi antara pemain dengan BTN.

Kondisi tersebut juga akan memudahkan BTN dalam menyusun program yang lebih baik untuk tim nasional.

Musim ini, beberapa pemain lokal naturalisasi Timnas Basket Indonesia sudah mulai direkrut klub IBL.

Mereka adalah Lester Prosper menjadi milik Dewa United. Kemudian ada Xavier Ford bersama Satria Muda Pertamina. Lalu Anthony Beane yang berseragam Pelita Jaya untuk IBL 2024.

Di sisi lain, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, mengatakan bahwa ketentuan pemain naturalisasi yang disebut lokal naturalisasi dapat bermain di IBL sejak 2021.

Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada pemain WNI dapat bermain di liga nasional kemudian memberi dampak positif baik kepada klub, pemain, dan juga tim nasional.

“Dengan kehadiran pemain naturalisasi ini tentu mendorong peningkatan level permainan di liga nasional,” tutur Junas.

“Terkait kalender ajang nasional dan internasional, tentunya merupakan prioritas dan perlu didukung termasuk dalam hal sinkronisasi jadwal,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat