androidvodic.com

Mengintip Uji Coba Penggunaan VAR yang Akan Diterapkan di Babak Championship Liga 1 - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar uji coba penggunaan teknologi pembantu wasit (VAR) di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

Uji coba tersebut menjadi rangkaian persiapan operator Liga untuk menghadirkan teknologi VAR di kompetisi kasta pertama di sepak bola Indonesia.

Dalam uji coba tersebut, PT LIB mempertandingkan dua tim lokal untuk menjadi bagian dari percobaan teknologi pembantu wasit itu.

Pantauan Tribunnews di lokasi, ada delapan kamera yang digunakan di lapangan sebagai penyokong tayangan ke ruang VAR. Pada sisi lapangan pertandingan pun terdapat satu layar monitor yang terdiri dari empat angle atau sisi tayangan yang berbeda.

Layar tersebut tentunya digunakan oleh wasit yang memimpin laga untuk melihat ulang tayangan jika diperlukan.

Tak hanya itu, terdapat pula ruang VAR yang digunakan oleh AVAR dan Replay Operator (RO). Dalam uji coba itu, pertandingan pun dipimpin oleh wasit-wasit dan asisten wasit yang beroperasi di Liga 1.

Untuk diketahui, persiapan PT LIB bersma PSSI untuk menghadirkan VAR di Liga 1 ini sudah dimulai sejak tahun lalu dan melewatkan beberapa tahapan.

Mulai dari pelatihan sampai praktik langsung di lapangan pada hari ini.

Baca juga: PSSI Tanggapi Soal Molornya Penerapan Teknologi VAR di Liga 1 2023/2024

PT LIB bersama PSSI pun mempercayakan Hawkeye sebagai penyedia VAR dan jasa pelatihan wasit, yang juga telah memiliki pengalaman bersama FIFA.

Baca juga: Penjelasan PT LIB soal Molornya Penggunaan VAR di Liga 1 2023/2024

Penggunaan teknologi pembantu wasit ini direncanakan akan dimulai pada babak Championships Liga 1 2023/24. Pada babak empat besar tersebut, VAR dipastikan sudah bisa digunakan dan bukan lagi dalam masa uji coba atau percobaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat