androidvodic.com

PT LIB Gelar Uji Coba Pertandingan, Rencana Penggunaan VAR di Liga 1 Tetap Lanjut - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Penggunaan teknologi pembantu wasit (VAR) kian realistis di Liga Indonesia. Yang erbaru, dalam pelatihan tahap ketiga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar uji coba penggunaan VAR di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

Uji coba tersebut digelar dengan mempertandingkan tim lokal, lengkap dengan seluruh instrumen pertandingan.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan bahwa peralatan yang digunakan dalam uji coba ini sama dengan dipakai saat Piala Dunia U-17 di tanah air beberapa waktu lalu.

"Jadi intinya hari ini kalau kita lihat mulai dari alat peraga-alat peraga yang didemonstrasikan atau yang digunakan sekarang ini," kata Ferry.

"Mulai dari simulator, kemudian semua peralatan yang ada. Ini persis seperti yang juga digunakan oleh FIFA World Cup U-17 kemarin," imbuhnya.

Project Leader VAR di Liga 1, Asep Saputra, mengatakan bahwa uji coba ini bisa menjadi pengalaman bagi wasit yang ditugaskan.

Seperti diketahui, sejak sekira Juni tahun lalu, PT LIB terus melatih para wasit dan tim terkait agar VAR bisa segera hadir di sepak bola tanah air.

"Kami ingin sekaligus juga memberikan laporan atas apa yang sudah kami jalankan sejak bulan Juni tahun lalu sampai di bulan Februari tahun ini, bahwa kami terus berjalan," ujar Asep.

"Teman-teman juga melihat dari sisi peralatan juga sudah ada. Jadi bukan kaleng-kaleng, bukan sesuatu yang 'dalam karung gitu'. Jadi memang ini bagian yang cukup penting sebelum masuk fase persetujuan test-nya dari FIFA," sambungnya.

Baca juga: Teknologi VAR Akan Dijajal di EPA Sebelum Resmi Dipakai Babak Championship Liga 1 Musim 2023/24

Rencanya, setelah kesempatan kali ini, PT LIB akan kembali menggelar uji coba lanjutan yang akan diterapkan pada ajang Elite Pro Academy (EPA) U-20.

Pantauan Tribunnews di lokasi, ada delapan kamera yang digunakan di lapangan sebagai penyokong tayangan ke ruang VAR. Pada sisi lapangan pertandingan pun terdapat satu layar monitor yang terdiri dari empat angle atau sisi tayangan yang berbeda.

Layar tersebut tentunya digunakan oleh wasit yang memimpin laga untuk melihat ulang tayangan jika diperlukan. Terdapat pula ruang VAR yang digunakan oleh AVAR dan Replay Operator (RO).

Baca juga: Penjelasan PT LIB soal Molornya Penggunaan VAR di Liga 1 2023/2024

Dalam uji coba teknologi VAR tersebut, pertandingan dipimpin oleh wasit-wasit dan asisten wasit yang beroperasi di Liga 1.

Untuk diketahui, persiapan PT LIB bersma PSSI untuk menghadirkan VAR di Liga 1 ini sudah dimulai sejak tahun lalu dan melewatkan beberapa tahapan.

Mulai dari pelatihan sampai praktik langsung di lapangan pada hari ini.

PT LIB bersama PSSI pun mempercayakan Hawkeye sebagai penyedia VAR dan jasa pelatihan wasit, yang juga telah memiliki pengalaman bersama FIFA.

F0TO: Dirut PT LIB Ferry Paulus, Waketum PSSI Ratu Tisha, dan Project Leader VAR Liga 1 Asep Saputra, saat uji coba penggunaan VAR di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024) (Tribunnews/Alfarizy).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat