androidvodic.com

Isu MotoGP Qatar 2024 - Pemilik F1 Tawarkan Rp67 Miliar untuk Akuisisi Dorna - News

News - Isu soal pergantian kepemilikan MotoGP membayangi seri perdana MotoGP 2024 di Sirkulit Lusail Qatar akhir pekan depan.

Pemilik F1, Liberty Media, dilaporkan sedang dalam pembicaraan mengakuisisi Dorna, perusahaan Spanyol yang memegang kepemilikan kejuaraan dunia MotoGP.

Liberty Media menyodorkan uang puluhan miliar Rupiah.

Perusahaan media masa asal Amerika Serikat tersebut, dilaporkan sedang berbicara dengan perusahaan pengelola dana aset Inggris, Bridgepoint, tentang akuisisi Dorna.

Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia memimpin balapan pada awal balapan Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 26 November 2023.
Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia memimpin balapan pada awal balapan Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 26 November 2023. (JAVIER SORIANO / AFP)

Selain Liberty, ada juga CVC dan KKR di mana keduanya perusahaan raksasa investasi yang juga tertarik dengan Dorna.

Tapi bukan tidak mungkin Liberty, kerajaan olahraga paling berharga di dunia versi Forbes dengan valuasi $18.2 Miliar - akan menyandingkan F1 dan MotoGP dalam portofolionya.

Dan bukan tidak mungkin, pengambilan ini juga akan berdampak baik bagi MotoGP jika melihat bagaimana popularitas F1 saat ini.

Sejak mengakuisisi F1 dari Bernie Ecclestone pada tahun 2017, Liberty Media telah mengambil peran penting dalam meroketnya popularitas Formula 1, khususnya di Amerika Serikat.

CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta saat konferensi pembatalan MotoGP Qatar, Sabtu (7/3/2020)
CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta saat konferensi pembatalan MotoGP Qatar, Sabtu (7/3/2020) (motogp.com)

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengomentari rumor penjualan awal tahun ini.

“Saya mengonfirmasi rumor penjualan tersebut, namun saya ingin tahu siapa yang menyebarkannya,” katanya kepada La Repubblica, dilansir Crash.

“Setiap hari saya menerima 2 atau 3 panggilan telepon dari lembaga kredit yang menanyakan apakah benar kami akan dijual."

Baca juga: Jadwal MotoGP Qatar 2024 Tayang Trans7: Balapan Mulai Minggu Depan, Marquez Tampil di Lusail

“Namun pihak bank tidak mau membeli, mereka hanya menawarkan diri sebagai perantara operasional."

“Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami siap, kami tetap bersama investor pertama kami dari tahun 1998 hingga 2006: 8 tahun."

“Kemudian datanglah Bridgepoint, yang membuat beberapa perubahan dan 17 perubahan lainnya terjadi."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat