androidvodic.com

Suka atau Tidak, Marc Marquez harus Akui Gelar King of COTA-nya Tak Mungkin Sempurna - News

News - Marc Marquez harus menerima kenyataan bahwa dirinya tak sepenuhnya jadi penguasa mutlak Circuit of The Americas (COTA) pada MotoGP Amerika 2024. Ada pembalap yang diam-diam memiliki statistik yang jauh lebih mentereng dari Marc Marquez.

Pembalap yang dimaksud tidak lain adalah Alex Rins, dari Monster Energy Yamaha.

Alex Rins pada balapan MotoGP Amerika 2024 di COTA akhir pekan ini, memiliki kans mengukir dua rekor sekaligus. 

Tidak salah jika gp mania mengakui bahwa Marc Marquez merupakan King of COTA. Hal ini merujuk kepada jumlah kemenangan The Baby Alien, julukan Marquez.

Alex Rins (Yamaha) dari Spanyol dan Joan Mir (Honda) dari Spanyol ketika beraksi di MotoGP Qatar 2024, Sabtu (9/3/2024).
Alex Rins (Yamaha) dari Spanyol dan Joan Mir (Honda) dari Spanyol ketika beraksi di MotoGP Qatar 2024, Sabtu (9/3/2024). (Instagram @hrc_motogp Verified)

Empunya nomor #93 ini membukukan tujuh kemenangan pada MotoGP Amerika di COTA sejak edisi 2013.

Dominasi Marquez di lintasan yang memiliki panjang 5,513 km tidak perlu diragukan. Faktanya, Marquez memang memiliki kemampuan untuk tampil apik di lay-out sirkuit yang mengusung anti-clockwise.

Hanya saja Alex Rins tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika diadu head to head jumlah kemenangan, Alex Rins kalah telak dari Marc Marquez.

Jika Marquez mempunyai 7 kali podium tertinggi MotoGP Amerika, Alex Rins lima lebih sedikit dari capaian juara dunia MotoGP 6 kali tersebut.

Hanya saja, ada satu prestasi Alex Rins yang tidak mungkin disamai oleh Marc Marquez.

Diketahui, Marc Marquez belum mampu membukukan kemenangan di 3 kelas berbeda saat balapan di COTA. Namun Alex Rins mampu melakukannya dan berhasil.

Alex Rins podium tertinggi di Moto3 2013 dan Moto2 2016 serta MotoGP 2019, 2023 saat race berlangsung di lintasan yang memiliki 20 tikungan tersebut.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Sepak Bola, Badminton Asia, hingga MotoGP Amerika saat Libur Lebaran

Namun jika berdasarkan data dari laman MotoGP, bukan salah Marquez jika dia tidak memiliki rekam jejak manis pada kelas Moto2 atau Moto3 di COTA. 

Pasalnya, COTA baru didaulat jadi venue MotoGP Amerika sejak 2013, sedangkan pembalap kelahiran 17 Februari 1993 menjalani debut kelas premier MotoGP juga di 2013.

Sementara saat MM93 masih berkutat di kelas dasar GP125 dan Moto2 rentang 2010-2012 tidak ada COTA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat