androidvodic.com

Dukung Program Sport Industry, FOBI Siap Gelar Kejuaraan Barongsai Dunia 2024 di Jakarta - News

Dukung Program Sport Industry, FOBI Siap Gelar Kejuaraan Barongsai Dunia 2024 di Jakarta

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) bersiap menyelenggarakan kejuaraan Barongsai Dunia yang diikuti tak kurang dari 10 negara dengan jumlah peserta sekitar 550 atlet di Venue Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 17-19 Mei 2024.

Event akbar yang menggunakan tajuk ‘Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024’ ini merupakan pagelaran yang pertama kali diselenggarakan FOBI sejak diterima sebagai anggota KONI.

Klub-klub barongsai mancanegara yang rencana diundang dan akan bertarung di venue Britama Arena adalah team-team jawara di negerinya. Jadi sudah dapat dipastikan kejuaraan ini pasti akan seru dan menarik.

“Piala Presiden ‘First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024’ ini juga mendukung program sports industry and sports tourism yang digalakkan pemerintah. Apalagi, Presiden Jokowi berpesan menginstruksikan Indonesia harus banyak menggelar event olahraga internasional,” kata Ketua Umum PB FOBI, Edy Kusuma dalam sesi konferensi pers di Sekretariat FOBI, Karet, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Ada 3 jenis cabang olahraga ini yang dipertandingkan. Kelompok pertama yang akan memperebutkan Piala Presiden adalah Barongsai (Southern Lion Dance), kelompok kedua adalah Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga, serta kelompok ketiga adalah Naga (Dragon Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

Lebih lanjut, saat ditanya mengenai target dari tim Indonesia, Edy Kusuma ingin wakil Indonesia bisa keluar sebagai juara umum.

“Targetnya sih bisa juara umum. Apalagi, prestasi Barongsai Indonesia cukup bagus dan sudah beberapa kali meraih medali emas pada event internasional,” harapnya.

Agar pagelaran akbar ini dapat terselenggara dengan sukses, Panitia telah mengadakan pelbagai persiapan, termasuk antar jemput para atlet mancanegara dan segala keperluan akomodasi mereka sejak datang dan kembali ke negaranya. Pelayanan yang sama juga diberikan kepada para atlet nasional Indonesia.

Semua upaya ini diberikan untuk menciptakan suasana dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertarung. Demikian juga dengan para juri yang akan memimpin kejuaraan. Mereka adalah para juri berpengalaman yang diundang dari beberapa negara dan memiliki sertifikat juri internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat