androidvodic.com

Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Jorge Martin ke KTM, Repsol Honda Minta Mantan Balikan - News

News - Bursa transfer pembalap MotoGP 2025 dikejutkan oleh keinginan pabrikan Austria untuk mendatangkan Jorge Martin, Repsol Honda justru berupaya mengulang jalinan kerja sama dengan mantan pembalapnya asal Australia.

Keinginan KTM untuk mendatangkan Jorge Martin jelas merupakan kejutan. Sebab mereka sudah menggaransi Brad Binder hingga tahun 2026.

Satu-satunya kursi pembalap KTM Factory Racing yang bisa mengalami pergantian ialah milik Jack Miller.

Performa rider berjuluk Jackass ini cenderung menurun sejak memutuskan meninggalkan Ducati Lenovo Team tahun lalu. Kabar yang beredar dari garasi KTM, Pit Beirer selaku bos tim, akan 'menaikkan' Pedro Acosta sebagai pembalap pabrikan.

Momen pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, melakukan cornering pada balapan sprint race MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao, Sabtu (24/3/2024). Jorge Martin menangi main race MotoGP Portugal 2024.
Momen pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, melakukan cornering pada balapan sprint race MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Portimao, Sabtu (24/3/2024). Jorge Martin menangi main race MotoGP Portugal 2024. (Instagram @89jorgemartin)

Sedangkan Jack Miller direncana menjadi pembalap di tim GASGAS KTM Tech 3. 

Alasan untuk 'menukar' Jack Miller dengan Pedro Acosta tidak perlu dipertanyakan. Mengingat performa Acosta di musim debut MotoGP sangatlah menjanjikan.

Akan tetapi laporan terbaru dari Crash, KTM telah menjalin komunikasi dengan pihak Jorge Martin, menyoal peluang terjadinya jalinan kerjasama.

Jorge Martin berulang kali mengatakan bahwa dirinya hanya ingin menjadi pembalap pabrikan setelah MotoGP 2024 rampung. Entah itu dengan atau tidak bersama Ducati Lenovo Team.

Sayangnya performa impresif Jorge Martin yang menempatkannya kini sebagai pemuncak klasemen MotoGP 2024, tidak membuat rider berkebangsaan Spanyol sebagai opsi utama Ducati. 

Sebaliknya, pabrikan Borgo Panigale cenderung ingin menduetkan Francesco Bagnaia dengan Marc Marquez musim depan.

Situasi ini coba dimanfaatkan sejumlah tim pabrikan. Yamaha, Honda, Aprilia dan terbaru KTM, ingin mendapatkan jasa pembalap kelahiran Madrid ini.

Baca juga: Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Marquez Tandeman dengan Pecco Bagnaia, Martin Mode Santai

Dua pabrikan Jepang, Honda dan Yamaha tidak masuk kandidat kuat, meskipun secara finansial merupakan yang terbaik di antara tim MotoGP 2024.

Aprilia sebenarnya memiliki kans besar, mengingat pabrikan Italia tersebut juga memperlihatkan progres positif dalam pengembangan kuda besinya. Hanya saja Aleix Espargaro sebagai pembalap Aprilia telah menegaskan, dia menginginkan penggantinya kelak merupakan rider asal Italia.

"Di Noale, mereka akan senang untuk melanjutkan duet Aleix Espargaro dan Vinales, tapi, tentu saja, mereka akan memberi ruang bagi Jorge (Martin)," terang pernyataan Crash.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat