androidvodic.com

Dongeng Bersejarah Marc Marquez Runtuhkan Pola Juara Pembalap Pabrikan di MotoGP Catalunya 2024 - News

News - Balapan MotoGP Catalunya 2024 di Sirkuit Catalunya akhir pekan ini bakal menghadirkan kisah indah bagi Marc Marquez. Pembalap Gresini Ducati tersebut berpeluang mengukir sejarah di kampung halaman.

Cerita paling indah bisa terukir atas nama Marc Marquez andai juara dunia MotoGP 6 kali ini memenangi balapan Grand Prix Catalunya.

Berbicara kemenangan, Marc Marquez memang bukan rajanya Sirkuit Catalunya. Namun jika ditanya apakah The Baby Alien pernah menang di sana? jawabannya sudah.

Tercatat sejak debut di kelas premier 2013, Marc Marquez naik podium utama MotoGP Catalunya sebanyak dua kali, yakni edisi 2014 dan 2019.

(Kiri ke kanan), Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez meraih podium pada balapan MotoGP Prancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Minggu (12/5/2024). Jorge Martin finis di depan Pecco Bagnaia dan Marc Marquez.
(Kiri ke kanan), Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez meraih podium pada balapan MotoGP Prancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Minggu (12/5/2024). Jorge Martin finis di depan Pecco Bagnaia dan Marc Marquez. (Twitter @MotoGP)

Catatan tersebut masih kalah banyak dari dua pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Circuit Barcelona de Catalunya.

Dua mantan Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi masing-masing mengemas enam kali finis posisi pertama saat seri Catalunya berlangsung.

Kini yang menjadi pertanyaan, rekor bersejarah seperti apa yang dibukukan Marc Marquez andai menang MotoGP Catalunya 2024?

The Baby Alien dapat menjadi pembalap pertama menangi MotoGP Catalunya berstatus pembalap non-pabrikan.

Sejak balapan MotoGP diselenggarakan di Sirkuit Catalunya era 4-Tak tahun 2002, semua pembalap yang menggasak podium kemenangan merupakan rider berstatus pabrikan, dirangkum dari laman resmi MotoGP.

Artinya, pembalap pabrikan benar-benar menjadi anak emas ketika balapan di sirkuit sepanjang 4,6 kilometer ini.

Semua tim pabrikan pernah merasakan podium juara di sana, mulai dari Honda, Yamaha, Ducati, KTM, dan Aprilia.

Khusus dua tim pabrikan terakhir, KTM dan Aprilia masing-masing membukukan baru satu kemenangan.

Baca juga: Duet Marc Marquez-Pecco Bagnaia di MotoGP 2025 Bakal Jadi Petaka Pabrikan Ducati

KTM pernah menempatkan pembalapnya, Miguel Oliveira sebagai kampiun MotoGP Catalunya 2021. Dua tahun berselang, giliran Aleix Espargaro sukses membuat Aprilia pecah telur raih kemenangan perdana di sirkuit yang mampunyai 16 tikungan ini.

Alasan Marc Marquez buat cerita paling bahagia dengan menang MotoGP Catalunya 2024 mengantarkan skuat MotoGP satelit Ducati,Gresini Racing jadi tim MotoGP satelit pertama menang di sirkuit Barcelona-Catalunya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat