androidvodic.com

Ranking Terbaru FIVB Timnas Voli Putri Indonesia: Anjlok ke Peringkat 61, Tak Masuk 10 Besar di AVC - News

News - Update ranking voli putri dunia Indonesia di FIVB setelah menelan kekalahan dari India pada AVC Challenge Cup 2024 for Women. Timnas voli putri Indonesia terlempar dari 10 besar konfederasi Asia AVC.

Berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Timnas voli putri Indonesia tak kuasa membendung kemenangan India dengan skor 3-1 (25-16, 30-32, 25-20, 27-25), Selasa (28/5/2024).

Kekalahan ini membuat Bella Sabrina dan kolega maksimal pada AVC Challenge Cup 2024 finis di peringkat ketujuh. Andai di laga kontra India menang, maka kesempatan untuk skuad asuhan Pedro Lilipaly mengakhiri kejuaraan level Asia di peringkat lima masih terjaga.

Faktanya kekalahan tersebut tak hanya membuat Indonesia gagal finis lima besar di AVC Challenge Cup 2024, namun juga merugi karena mengalami pengurangan poin di ranking dunia FIVB.

Sebelum pertandingan kontrak India, ranking Timnas voli putri Indonesia berada di urutan ke-59 dengan raihan 45.08 poin.

Terbaru di situs Volleyballworld, Selasa siang WIB, ranking Indonesia di FIVB kembali mengalami perubahan. Bukannya lebih baik, justru sebaliknya karena mengalami pengarangan poin mencapai -1.92.

Kini Timnas voli putri Indonesia duduk di peringkat ke-61 berbekal 43.17 poin. 

Nahasnya lagi, Indonesia juga terlempar dari posisi 10 besar konfederasi Asia AVC, ranking Timnas voli putri Indonesia di AVC berubah dari posisi 10 turun ke peringkat 11.

Faktanya ini menjadi penurunan signifikan. Karena sebelum bertanding di AVC Challenge Cup 2024, voli putri Indonesia sempat berada di peringkat ke-55 dunia.

Bahkan di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), tim voli putri Merah Putih berada di urutan ketiga, hanya kalah dari Thailand dan Vietnam. Namun kali ini peringkat srikandi voli putri Indonesia di ASEAN kembali merosot.

Baca juga: Hasil Voli AVC Challenge Cup 2024: Indonesia Antiklimaks, Takluk dari India dengan Skor 3-1

Mereka disalip Filipina yang juga merupakan host dari AVC Challenge Cup for Women. Filipina di ASEAN menduduki posisi ketiga, sedangkan di FIVB berada di urutan ke-55 lewat koleksi 49.35 poin.

Faktanya Timnas voli putri Indonesia memang tak tampil dengan kekuatan terbaik di AVC Challenge Cup 2024 kali ini. PBVSI memilih menurunkan pemain U20 dengan dalih regenerasi, selain tim-tim Proliga tak mengirimkan pemain utama yang semula dipanggil.

Kini Junaida Santi dkk menyisakan satu pertandingan di AVC Challenge Cup 2024 untuk perebutan posisi 7. Jika kalah, maka siap-siap saja ranking dunia voli putri Indonesia di FIVB akan kembali anjlok.

Update Ranking Dunia FIVB dan AVC Putri, Selasa (28/5/2024)

1 (6). China - 337.12 Poin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat