androidvodic.com

Fakta Pemenang MotoGP Italia 2024 - Pecco Bagnaia Ulang Rekor 1 Dekade, OTW Balap Ikon Ducati - News

News - Ada fakta yang jarang orang tahu seputar Francesco 'Pecco' Bagnaia yang mendekati rekor legenda Ducati pada balapan MotoGP Italia 2024. Legenda pembalap Ducati yang dimaksud tak lain adalah Casey Stoner.

Balapan MotoGP Italia 2024 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mugello, Florence, Jumat (31/5/2024) hingga Minggu (2/6/2024).

Dalam beberapa bulan terakhir, fokus utama GP mania tertuju kepada persaingan perburuan gelar juara dunia maupun silly season alias bursa transfer pembalap MotoGP untuk musim depan.

Hal itu sangat wajar karena poin utama pada perpindahan pembalap musim depan melibatkan Marc Marquez, yang pada MotoGP 2024 menunjukkan geliat performa. Bahkan sejak bergabung ke Gresini, Marc Marquez kembali menikmati balapan MotoGP.

(Kiri ke kanan), Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez meraih podium pada balapan MotoGP Prancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Minggu (12/5/2024). Jorge Martin finis di depan Pecco Bagnaia dan Marc Marquez.
(Kiri ke kanan), Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez meraih podium pada balapan MotoGP Prancis 2024 di Sirkuit Le Mans, Minggu (12/5/2024). Jorge Martin finis di depan Pecco Bagnaia dan Marc Marquez. (Twitter @MotoGP)

Bukti sahihnya, The Baby Alien memanaskan persaingan titel juara dunia, dengan duduk di peringkat ketiga di tabel klasemen.

Marquez dan Jorge Martin disebut sebagai kandidat kuat untuk bertandem dengan Pecco Bagnaia di Ducati Lenovo Team, menggantikan Enea Bastianini.

Akan tetapi pada balapan akhir pekan ini, Pecco Bagnaia bisa menjadi magnet. Terlebih ini merupakan balapan kandang bagi rider kelahiran Turin, Italia tersebut.

Kemenangan merupakan syarat wajib untuk kekasih Domizia Castagnini agar tak terpaut semakin jauh dari perolehan Jorge Martin sebagai pemuncak klasemen. 

Martin saat ini mengemas 115 poin, atau unggul 39 poin dari Pecco Bagnaia di urutan kedua. 

Menariknya, ada dua rekor yang jarang gp mania ngeh atau paham andai juara dunia MotoGP 2022 dan 2023 ini finis posisi pertama pada main race Grand Prix Italia.

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, Pecco Bagnaia akan menjadi pembalap pertama setelah satu dekade, atau lebih tepatnya 11 tahun, mengemas hattrick kemenangan di Sirkuit Mugello.

Baca juga: Jadwal MotoGP Italia 2024: Pertaruhan Rider Padepokan Valentino Rossi di Sirkuit Mugello

Dalam dua edisi terakhir balapan di srikuit yang dikenal sebagai rumah Valentino Rossi ini, Pecco Bagnaia keluar sebagai pemenang (edisi 2022 dan 2023).

Tercatat terakhir kali pembalap yang mampu menang tiga kali beruntun di MotoGP Italia adalah Jorge Lorenzo. Prestasi itu dibukukan Por Fuera di musim 2011, 2012, dan 2013.

Tentu saja rekor kemenangan terbanyak plus straight victory terpanjang adalah Valentino Rossi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat