androidvodic.com

Alasan Bandung BJB Gagal ke Final Four Proliga 2024 meski Punya Poin Lebih Banyak dari Electric PLN - News

News - Menjadi tanda tanya mengapa Electric PLN lebih berhak lolos ke Final Four Proliga 2024 ketimbang Bandung BJB Tandamata. Padahal poin juara bertahan, Bandung BJB Tandamata lebih banyak dari Electric PLN.

Fase reguler Proliga 2024 telah merampungkan seluruh pertandingan di GOR Pangsuma, Pontianak, Minggu (23/6/2024).

Dari sektor putra, Jakarta LavAni Allo Bank, Jakarta STIN BIN, Palembang Bank SumselBabel, dan Jakarta Bhayangkara Presisi melaju ke Final Four untuk perebutan tiket final.

Sedangkan tim putri, Final Four Proliga 2024 mempertandingkan Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Enduro, dan Jakarta Electric PLN.

Sorotan tertuju kepada Electric PLN yang di fase reguler menempati posisi empat klasemen Proliga 2024. Tim voli putri tersukses di Proliga ini mengumpulkan 17 poin dari 12 laga.

Angka yang diraih Nurlaili Kusumah dkk, faktanya lebih sedikit dari Bandung BJB Tandamata yang gagal melaju ke babak selanjutnya.

Kegagalan skuad asuhan Alim Suseno membuat tim Kota Kembang ini dipastikan batal mengusung misi hattrick juara Proliga. Sebab Bandung BJB Tandamata adalah kampiun musim 2022 dan 2023.

BJB Tandamata menutup fase reguler Proliga 2024 di peringkat kelima dengan raihan 18 poin, alias satu angka lebih banyak dari Electric PLN.

Lantas mengapa Electric PLN lebih berhak melaju ke empat besar ketimbang Bandung BJB Tandamata di Proliga 2024?

Jawabannya terletak kepada perolehan jumlah kemenangan.

Yap regulasi Proliga menempatkan jumlah kemenangan sebagai perhitungan utama dalam penentuan posisi di tabel klasemen. Baru kemudian perhitungan poin, rasio set dan rasio kemenangan.

Baca juga: Klasemen Akhir Proliga 2024 Putri: Megawati Lesu Menuju Final Four, Popsivo Polwan Finis Pertama

Dalam case Electric PLN lolos ke Final Four Proliga 2024 memang secara perolehan poin satu lebih sedikit dari Bandung BJB Tandamata.

Akan tetapi dalam jumlah kemenangan, skuad asuhan Chamnan Dokmai lebih banyak.

Dari 12 laga yang dilakoni, Electric PLN sebagai pemegang 6 titel juara Proliga sektor putri, membukukan 7 kemenangan. Sedangkan Bandung BJB Tandamata mengemas 6 kali mengalahkan tim lawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat