androidvodic.com

Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Dobel JM Gabung Skuad Ducati, Toprak Merapat ke Repsol Honda - News

News - Bursa transfer pembalap MotoGP 2025 per hari ini, Kamis (27/6/2024), dikejutkan lewat kabar peluang Repsol Honda batal memperpanjang kontrak Joan Mir. Selain itu, dua pembalap berinisial JM berpeluang besar merapat ke skuad konvoi Ducati.

Joan Mir dan Jack Miller menjadi dua pembalap yang dikaitkan dengan Repsol Honda.

Mir, yang pada MotoGP 2024 menjalani musim terakhirnya di pabrikan Honda, sempat memikirkan untuk pensiun. Namun isu itu ditepis sang pembalap karena memilih fokus dalam pengembangan motor Honda Racing Corporation (HRC).

Di sisi lain, juara dunia MotoGP 2020 tersebut ingin menambah masa baktinya di pabrikan berlogo sayap tunggal mengepak ini.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing asal Australia Jack Miller melakukan sesi latihan bebas ke-2 menjelang balapan Grand Prix MotoGP Prancis dari Grand Prix sepeda motor Prancis, di Le Mans, Prancis barat laut, pada 12 Mei 2023.
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing asal Australia Jack Miller melakukan sesi latihan bebas ke-2 menjelang balapan Grand Prix MotoGP Prancis dari Grand Prix sepeda motor Prancis, di Le Mans, Prancis barat laut, pada 12 Mei 2023. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Uniknya, Repsol Honda sempat menjalin komunikasi dengan rider asal Australia, Jack Miller. Alasan Honda ingin menggate pembalap berjuluk JackAss ini karena statusnya tak memiliki tim untuk musim depan.

Hal ini dikarenakan Pedro Acosta yang naik ke KTM Factory Racing untuk bertandem dengan Brad Binder. Sedangkan di tim KTM Tech3, slot pembalap sudah diisi oleh Maverick Vinales dan Enea Bastianini.

Akan tetapi kabar terbaru yang dilaporkan Todocircuito, Repsol Honda mencoba untuk mencari alternatif pembalap anyar sebagai tandem Luca Marini.

Repsol Honda disebut tengah mendekati pembalap asal Turki yang saat ini mengikuti kejuaraan dunia World SuperBike (WSBK) bersama tim BWM, Toprak Razgatlioglu.

Disampaikan manajer Toprak Razgatlioglu,Kenan Sofuoglu membenarkan adanya permintaan Toprak untuk berlaga di MotoGP tahun depan.

"Ada banyak yang berminat dengan Toprak di paddock MotoGP untuk tahun depan. Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW, tapi saya sudah memberi tahu BMW, kami ingin meninggalkan World Superbike (WSBK) pada akhir tahun ini dan pindah ke MotoGP. Saya sudah menjelaskan kepada mereka bahwa ini adalah keinginan Toprak," kata Kenan Sofuoglu

Keinginan Toprak untuk pindah ke MotoGP sudah mencuat sejak tahun lalu. Pebalap berjuluk El Turco itu sudah dua kali diberi kesempatan untuk mencoba Yamaha YZR-M1 di lintasan. Percobaan pertama di Sirkuit Aragon 2022 lalu, dan percobaan kedua di Sirkuit Jerez pada 2023.

Baca juga: Adu Rekor Marc Marquez vs Pecco Bagnaia di MotoGP Belanda 2024, Nama Besar Rossi Dipertaruhkan

Tapi Yamaha kurang terkesan dengan apa yang ditampilkan El Turco dalam sesi tes tersebut.

Alhasil, Yamaha tidak bisa memberi kepastian kepada Toprak apakah mereka akan merekrutnya untuk dijadikan tandem Fabio Quartararo.

Honda sedang bernegosiasi dengan Toprak. Pabrikan sayap emas itu dilaporkan serius untuk memboyong Toprak dari WSBK ke MotoGP. Belum disebutkan berapa nilai kontrak yang disodorkan dan tim mana yang akan dibela Toprak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat