androidvodic.com

Zhang Zhi Jie Meninggal, PBSI Bakal Surati BWF untuk Ganti Aturan soal Tim Medis Masuk Lapangan - News

News - Humas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy mengungkapkan pihaknya bakal mengirim surat ke organisasi bulutangkis dunia, BWF untuk diubahnya aturan terkait tim medis boleh masuk lapangan.

Adapun hal ini berkaca dari banjir kritik terhadap PBSI dalam penanganan atlet asal Tiongkok, Zhang Zhi Jie yang meninggal dunia saat bertanding dalam di laga pamungkas Grup D Kejuaraan Asia Junior 2024 yang digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta pada Minggu (30/6/2024) kemarin.

Broto mengungkapkan pihaknya meminta kepada BWF agar aturan terkait tim medis boleh masuk lapangan ketika ada atlet butuh penanganan tidak perlu menunggu adanya instruksi dari wasit.

"Ke depan mungkin kita akan menyurati BWF agar aturan bahwa tim medis baru bisa masuk setelah ada panggilan dari refree, kita harapkan bisa melihat sikon (situasi dan kondisi) agar bisa lebih cepat ditangani agar atlet terselamatkan seandainya terjadi hal seperti ini," kata Broto dikutip dari YouTube Kompas TV.

Di sisi lain, Bobby menegaskan kompetisi Kejuaraan Asia Junio 2024 akan tetap berlangsung, meski Zhang Zhi Jie meninggal dunia.

"Kompetisi masih tetap berlangsung," ujarnya.

Sebelumnya, Zhang Zhi Jie tiba-tiba ambruk ketika menghadapi tunggal putra asal Jepang, Kazuma Kawano dalam partai ketiga fase grup antara Tiongkok dan Jepang.

Namun, tim medis baru masuk sekitar 40 detik setelah Zhi Jie ambruk, menurut rilis dari PBSI.

Setelah ambruk, Zhang Zhi Jie pun dinyatakan pingsan lalu dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: PBSI Ungkap Penyebab Zhang Zhi Jie Meninggal, Singgung Aturan BWF soal Penanganan Medis di Lapangan

Zhang Zhi Jie pun dinyatakan meninggal dunia pada Minggu kemarin malam sekira pukul 23.20 WIB.

"Zhang Zhi Jie dari China, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin."

"Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," demikian rilis pers dari Badminton Asia dan PBSI.

Dokter asal Tiongkok Duga Zhang Zhi Jie Meninggal karena Henti Jantung

Meski hingga kini pihak PBSI belum membeberkan penyebab meninggalnya Zhang Zhi Jie, dokter asal Tiongkok, Lu Xiao menduga bahwa pebulutangkis berusia 17 tahun itu meninggal dunia karena henti jantung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat