androidvodic.com

Sosok Nina Gusmita, Atlet Atletik Balap Kursi Roda Asal Medan Peraih Kartini Awards 2024 - News

Sosok Nina Gusmita, Atlet Atletik Balap Kursi Roda asal Medan Peraih Kartini Awards 2024

News - Nina Gusmita, atlet difabel asal Medan, Sumatera Utara, mendapat penghargaan Kartini Awards 2024 pada kategori Turned Disability Into Strength.

Pemberian penghargaan ini tak lepas dari pencapaian Nina Gusmita meraih sejumlah prestasi.

Nina berhasil membawa pulang 3 medali emas di ajang Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua cabang olahraga Atletik Balap Kursi Roda. 

Nina besar di keluarga atlet.

Dia keturunan dari ibu dan kakek yang berprofesi sebagai dosen atlet.

Sejak kecil, Nina banyak mentorehkan prestasi sebagai atlet.

Namun pada tahun 2017 silam, Nina Gusmita mengalami kecelakaan yang menyebabkan kehilangan salah satu kakinya.

Dengan kekurangannya Nina Gusmita menjadi inspirasi bagi wanita di Indonesia.

Hingga akhirnya menerima Kartini Awards 2024 pada kategori Turned Disability Into Strength.

"Yang pasti senang ya karena ini bisa dibilang penghargaan perdana aku, bisa bersanding dan ketemu sama perempuan-perempuan hebat lainnya," kata dia dalam keterangannya pada Jumat (12/7/2024).

Dia berharap semoga prestasi atlet-atlet disabilitas juga semakin mendunia, semakin bisa mengharumkan nama bangsa, dan banyak memiliki regenerasi.

"Harapannya semoga setelah ini kita para perempuan di Indonesia semakin kuat, semakin Tangguh khususnya temen-temen disabilitas seperti aku," ujarnya.

Nina dalam menorehkan segudang prestasi tak lepas dari peristiwa pada tahun 2021 lalu saat bertemu dengan Mar'atussafa'ah atau yang akrab di panggil Safa.

Safa mengajak Nina untuk bergabung dalam suatu manajemen yang dikenal dengan Jwara Creative.

Jwara Creative yang menaungi dan mendungkung penuh berdampak akan peningkatan prestasi terhadap Nina Gusmita hingga meraih penghargaan pada ajang Kartini Awards 2024.

"Saya sebagai manajer dari Nina Gusmita turut senang dan bangga atas penghargaan yang telah di berikan oleh R.A Kartini Awards pada kategori Turned Disability Into Strength," kata Safa.

"Congratulation Nina Gusmita dan terimakasih telah menjadi salah satu inspirasi wanita hebat Indonesia. Dari Nina Gusmita, saya banyak belajar arti dari keikhlasan atas ujian dan takdir dari Allah. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat