androidvodic.com

Howard Webb Paling Sering Beri Hadiah Penalti untuk MU - News

News, MANCHESTER – Terlepas dari berbagai tudingan sering, fakta menunjukkan Howard Webb kerap bermurah hati kepada Manchester United selama berkarier sebagai wasit. Data menunjukkan Webb paling sering memberikan hadiah tendangan penalti kepada Manchester United.

Statistik yang dirilis oleh Opta menunjukkan, sepanjang kariernya memimpin pertandingan di Premier League, Webb telah memberikan sembilan tendangan penalti kepada Manchester United. Ini merupakan jumlah yang terbanyak di antara tim-tim Premier League lainnya. Di belakang Manchester United, menyusul Liverpool (6) dan Bolton Wanderers (5), tim yang sering mendapat hadiah tendangan penalti dari Webb.

Meski termasuk dalam daftar wasit terbaik di dunia versi IFFHS, Howard Webb kerap bersinggungan dengan kontroversi. Pada final Piala FA 2009, pria 43 tahun itu memberikan hadiah tendangan penalti kepada Manchester United ketika tertinggal 0-2 dari Tottenham Hotspur. United kemudian berbalik menang 5-2. Webb kemudian mengaku keputusannya salah dan mendapat sanksi selama sepekan dari Football League Championship.

Pada Januari 2011, pelatih Liverpool, Kenny Dalglish, menuding Webb melakukan kesalahan ketika memberikan hadiah tendangan penalti kepada Manchester United. Dalglish juga mengkritik Webb yang memberikan kartu merah kepada Steven Gerrard pada pertandingan yang dimenangkan United 1-0 itu. Penyerang Liverpool, Ryan Babel, kemudian mengunggah foto Webb mengenakan seragam Manchester United. FIFA kemudian menghukum Babel dengan denda sebesar 10.000 Pound Sterling atau sekitar Rp 198 juta.

Pelatih Chelsea, Andre Villas-Boas, juga melemparkan kritik kepada Webb pada Februari 2012. Pada laga Premier League di Stamford Bridge itu, Chelsea sempat unggul 3-0 sebelum akhirnya Manchester United menyamakan kedudukan. Dua dari tiga gol United dicetak melalui tendangan penalti. Villas-Boas menuding keputusan Webb memberikan hadiah tendangan penalti kedua kepada United sangat tidak jelas. Webb menganggap Branislav Ivanovic melanggar Danny Welbeck. Berdasarkan tayangan ulang, kontak fisik di antara kedua pemain sangat minimalis.

Howard Webb mengumumkan pensiun sebagai wasit pada Kamis (7/8/2014). Webb kemudian akan menjabat sebagai direktur teknik di Professional Game Match Officials Limited.

Webb pernah memimpin final Piala Dunia 2010 antara Spanyol melawan Belanda. Pada pertandingan tersebut, wasit pertama yang memimpin final Liga Champions dan final Piala Dunia pada tahun yang sama itu, mengeluarkan 14 kartu kuning, termasuk dua untuk John Heitinga. Jumlah tersebut merupakan rekor terbanyak setelah sebelumnya enam kartu kuning pada final Piala Dunia 1986. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat